Catatan harian si pengembara dalam samsara

Archive for November 25, 2008

Masalah = Sampah

Huahahahahahaha…. kok bisa ya gua bilang masalah itu sama dengan sampah ?

Ya iya lah… tiap orang kan punya sampah.. air seni, keringat, berak itu yang jelas ada dalam diri tiap orang. Belum lagi yang di luar tubuh kita kaya kulit telur, kulit pisang, sisa-sisa di dapur… banyak lagi deh pokoknya. )

Sampah adalah sampah … yang bisa jadi bau.. sama seperti pikiran kita. Gua pernah denger cerita dari seorang suhu, yang di ujung cerita bertanya pada gua, “bau mana pikiran lu ama bau ketek orang ?” Wuakakakakakak… jijai deh kalo mesti ngebayangin bau ketek orang… (

Tapiiii…. ada segelintir orang yang menganggap sampah itu ternyata bermanfaat.. Lho kok ??? Iya tuh.. banyak pemulung barang bekas, ada juga yang mulung daging-daging, sayur-sayur yang dibuang orang.. bingung deh. Tapi bener-bener terbukti memang ada manfaatnya… bahkan bisa membuat sekeluarga hidup… jempol deh !!!

Nah.. menurut gua.. masalah = sampah. Kalo kita bisa ngolahnya, maka semua masalah akan menjadi kompos / pupuk agar benih kebuddhaan dalam diri kita semakin tumbuh dan menguat. Tapi kalo kita kgak bisa ngolahnya, masalah-masalah itu akan menjadi racun buat diri kita.. menjadi sumber masalah yang baru lagi… terus begitu dan kgak ada akhirnya.

Kalo udah tahu bahwa masalah = sampah, jadi anda mau bikin sampah yang bagaimana ? Yang bermanfaat atau yang menjadi bumerang bagi diri sendiri ??

Makanan Kesukaan

Kalo ditanya orang… kamu suka makan apa ?? Aku kgak bisa jawab. )

Tapi kalo ditanya orang, kamu suka makan di mana ?? Aku bisa jawab. Aku sangat suka sekali makan di rumah. Aku suka makanan buatan mama ku. Apapun juga yang dimasak mama…. aku jadi orang no. 1 yang disebut si rakus.

Aku sering bingung melihat anak-anak yang senang makan di luar.. Menurut aku, pulang ke rumah dan makan bersama papa, mama, adik-adik.. itu adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup. Setiap hari ditunggu makan, setiap hari dipanggil makan, setiap hari disiapkan makanan… setiap hari kumpul saat makan… rebutan makanan, bagi makanan, nolak makanan.. happy !! Happy … Happy … !!

Sekarang momen makan bersama sudah tinggal kenangan. Masa lalu sudah berlalu dan tidak mungkin aku mengulang momen-momen itu. Kalo pun bisa diulang peristiwanya… tapi aku tidak bisa mengulang semua luapan emosi yang pernah muncul. Yang pasti aku kgak mungkin rebutan makanan lagi…. )

So…. berterima kasih lah pada setiap momen yang terjadi saat sekarang karena ia tidak mungkin kembali lagi. Dan pada momen yang sudah berlalu, tak perlu lagi kita menangisi dan menyesalinya. Semuanya sudah terlewat. Yang ada adalah… kita harus belajar hidup saat ini !!!  Biar semua momen menjadi kenangan-kenangan terindah dalam hidup kita. Kaya Samson aja ya … )

Jejakkan Kakimu Di Atas Satu Perahu Saja !!

Nah lu… gua lagi inget ama seseorang neh. Orang ini orang baik menurut gua… dan baik juga menurut semua orang. )

Tapi yang paling gua sebel dari orang ini… Hehehehe… kok bisa sebel ya ?? Urusan orang kalee… !!!  Orang ini seneng banget bantu di mana-mana. Ada di mana-mana dan selalu hadir di mana-mana. Maksud gua, di acara apa aja yang ada heboh-heboh nya… pasti deh gua liat muka dia. Katanya seh jadi panitia.. tapi kenapa ya tiap kali gua liat… pasti deh lagi asyik ngobrol !! (

Gua pernah bilang ama dia… coba tolong kerjain baik-baik.. sebaik-baiknya semua kerjaan yang kamu terima dari orang lain. Kenapa gua bilang begitu ? Karena gua tau, ini anak bisa kerja maksimal dan hasilnya bisa bagus. Tapi… itulah dia !!! Hobinya ada di mana-mana, selalu pengen ada di mana-mana !!!

Lu seperti itu kgak ??? Kalo bisa jangan deh… Kaki kita cuma sepasang lho.. dan kgak bisa dipisah-pisah. Jadi kalo dengan sepasang kaki ini kita menjejakkan kaki kita di dua perahu… kita bisa terjun bebas ke sungai. Akhirnya, kita kgak akan sampai ke tujuan…

Artinya, jangan suka mendua hati, jangan suka serakah pengen kerja double-double, jangan plin plan … jangan ini.. jangan itu… banyak deh contohnya !!

Bayangin aja… kaki kanan di perahu A.. kaki kiri di perahu B… kedua perahu jalan berdampingan. Tiba-tiba ada angin… masing-masing perahu menyelamatkan diri. Terus anda ???? Kejebur kan ???? Hahahahahaha…. )