Catatan harian si pengembara dalam samsara


Tidak banyak orang yang mengetahui cerita kita dengan jelas di masa lalu. Yang pasti hanya kita berdua. Dan mungkin temanmu itu, Seto. Aku sendiri Sudah berusaha tutup mulut, tapi tidak disangka hidupmu begitu singkat. Hari ini hari kremasimu, hari semua unsur terurai kembali ke alamnya. Aku mengenangmu.
Yang kuingat adalah percakapan kita di ruang perpustakaan Pusdiklat Bodhidharma, Bandungan. Yang kuingat adalah kita membahas riwayat hidup dari Master Hsuan Hua. Yang kuingat adalah ceritaku tentang tekad beliau. Bila saatnya tiba nanti, biarkan sisa abunya dicampur dengan adonan yang debut selezat mungkin. Karena beliau bertekad, semoga makhluk yang berjodoh dengan tubuhnya, dapat merealisasi Jalan.
Yang kuingat adalah masalah menjadi seorang samana yang harus giat belajar. Sebelum karma baik itu terjadi, alangkah indahnya bila ia dapat melanjutkan studinya. Dijawabnya dengan cepat, ya saya mau suhu. Dan kurespon, pilihlah jurusan yang dapat membantumu mempelajari dharma seperti bahasa Inggris atau mandarin. Dijawabnya lagi, aku mau kaya suhu. Sisa percakapan lainnya, aku sudah tidak ingat. Maap.
Whaaattt??? Belajar Shakespeare? Belajar prose? Belajar Bahasa jaman Victorian? Hmmm apakah tidal sebaiknya mengambil Bahasa Inggris dan bukan Sastra Inggris? Gak suhu… saya mau seperti suhu. Well, gak akan jenuh? Gak,,,, hmmm Ok lah kalo begitu.
Ada lagi pertemuan 3 pasang mata dengan ayah dan ibumu. Di ruang tempat minum teh. Sangat menyenangkan bertemu dengan ibumu yang ramah. Begitu merelakan anaknya menjadi seorang samana suatu saat. Demikian pula dengan ayahmu, tidak keberatan.
Mulailah kuliahmu di Sastra Inggris. Tiap semester laporan IPK masuk via SMS. Nilainya bagus-bagus. Hahahaha…. keren sekali ini anak. Sampai 3-4 semester berlanjut, tiba-tiba no rekeningmu hilang. SMS mu, suhu, mulai sekarang transfernya ke rekeningnya Seto, temanku. Masih timbul keraguan, yakin tuh orang bisa dipercaya? Bisa suhu. Dia sahabat baikku. OK lah kalau begitu…. dan seperti itulah aku berkenalan dengan orang yang namanya Seto. Arnhanto Damarseto. Seperti nama Arahat. Semoga orangnya secantik namanya.
Tiba kelulusan, ia mengundangku aku untuk mengikuti wisuda. Aku menolak. Lebih baik ayah ibu mu yang mendampingi mu saat wisuda. Aku cukup senang melihatmu lulus dari jauh. Setelah itu, muncul lagi SMS mu yang mengatakan akan pulling kampung untuk mengabdi sebagai guru Bahasa Inggris. Keren sekali ya….
Waktu berjalan begitu cepat. Tahu-tahu muncul fotomu di Fb sudah memakai jubah. Kemudian aku memberikan salam. Ada pertemuan singkat di mana rasa haru menyergap relung hatiku. Ia sudah menjadi Bhante. Ia sudah berhasil menapaki Sang Jalan. Ia sudah berhasil melangkah menghampiri cita-citanya.
2 Bukunya diberikan kepadaku. Kulihat disampul, tertanda tangan.. ada nama beliau. Katanya, Suhu… buku ini sudah disiapkan untuk suhu… maap baru bisa kasih sekarang. Iya… terima kasih Bhante… Terima kasih untuk masih mengingatku. Beliau bilang, aku tidak berubah. Hahaha… terima kasih sekali lagi. Terima kasih.
Hari ini… jazadmu kembali terurai menjadi 4 unsur. Seto kirim foto… “Dia sudah pergi”. Dan begitulah beliau pergi.
Selamat jalan Bhante Attapiyo. Waktu pertemuan kita tidak lama… namun sangat memberi makna. Aku belajar banyak dari perjalanan hidupmu… “Singkat namun bermakna”. Semoga tekadku yang meluntur ini… dapat kembali seperi dahulu kala… Ketika kita pertama kali bertemu… dalam idealis-idealis anak muda, yang tidak pernah ada takutnya menghadapi tantangan dan masa depan.
Terima kasih telah hadir mengisi perjalanan hidupku.
Semoga di mana pun Anda terlahir, selalu memberi makna bagi makhluk lain. Demkianlah seorang bodhisattva, selalu melangkah  di Jalan kebuddhaan.
Tadyata Om Gate Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.
Bogor, 14.03.2018
Carya
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: