Catatan harian si pengembara dalam samsara


Menjadi Ketua Pelaksana Pravaraja Sangha Mahayana Indonesia 2016 kali ini sungguh luar biasa. Setelah 7x diadakan di Samatha Meditation Center, kali ini dengan berat hati saya memutuskan untuk memindahkan tempat ke Vihara Vajrabodhi Bogor. Alasannya karena sudah memasuki bulan bakti, hampir semua anggota sangha sibuk di vihara masing-masing mempersiapkan acara Ullambana. Well… saya berharap dari awal semoga para peserta tidak menjadi kecil hati dan tetap bersemangat melakukan pelatihan diri sebagai calon samana.
Setiap hari pembimbing berganti-ganti. Tidak ada yang benar-benar full standby selama 2 minggu kecuali 2 orang sramaneri dari Vihara Lalitavistara, Shi Chuan Cai dan Shi Chuan Xin. Bersyukur lah masih ada para ibu-ibu umat Vihara Vajrabodhi yang selalu setia membantu panitia dan tim sukses di dapur dari mulai belanja sayur, antar ke vihara, motong sayur, beli bumbu, cuci sayur, cuci beras, sampai memasaknya menjadi masakanan yang lezat. Semua jasa kebajikan ini tentunya akan terus saya ingat.
Marah merupakan salah satu cara untuk melampiaskan kekecewaan, kegalauan, kekesalan, dan kesedihan. Tapi menurut saya, marah adalah satu satu cara untuk menyadarkan seseorang atas kesalahannya. Tentunya hati dibuat netral, hanya bicara saja yang agak keras dan tinggi. Itu yang sulit untuk dilakukan oleh siapapun. Marah dengan cinta kasih istilahnya atau marah dengan wisdom itu bagian tersulit dari kehidupan awam manusia biasa seperti saya. Dan itu sudah terjadi di beberapa sesi terutama saat melakukan ritual yang berkaitan dengan para buddha, bodhisattva, atau  makhluk lain. “Grrrrr…… Grrrr….. Grrrrr…. ” Semoga peserta yang pernah kena semprot memaapkan aku ya…. terutama sis Yulia dan bro Ervin. Sisanya, rasanya seh gue gak pernah marah deh sama kalian.😀
Buat saya pribadi, awal acara ini sungguh hal yang membuat galau suasana hati. Rasanya seperti kerja sendiri walaupun didampingi beberapa orang anggota sangha. Hahaha… soale tiap tahun dari pravaraja 1 sampai 7, aku hanya sebagai penggembira yang bener-bener suka ninggalin panitia lain kalau mereka lagi pada sibuk… pertama karena emang ada urusan di bawah (atas itu Puncak) dan kedua, karena mau melempengkan punggung dan tidur lamaan dikit. Xixixixixi…. dan tahun ini… oh la la, mereka yang semua pergi meninggalkan aku secara fisik tapi tetap mendukung aku secara moral. Hmmm… Hmmm… dan aku harus berjuang sendirian rasanya. Hiks.. Sekarang karma itu ada, karma itu nyata… tahun-tahun berikutnya gak boleh ninggalin orang lain supaya kalo jadi ketua gak ditinggalin lagi🙂
2 minggu ini, saya melihat wajah para peserta begitu damainya, begitu tenangnya, begitu kuat powernya. Hati saya jadi tersentuh… “Beginilah seorang samana melatih dirinya, dari mulai bangun tidur, menurunkan kakinya, memakai jubahnya, berjalan, duduk, berdiri, berbaring, juga makan minum… semuanya penuh dengan kesadaran”. Itu yang saya ucapkan di waktu makan siang, begitu melihat mereka makan dengan damainya… berasa sedang membahas Diamond Sutra… semua tidak dalam kata-kata, semuanya dalam tindakan.. semuanya terlihat nyata. Dan itu semua yang dialami di meja makan. Ramai tapi hening, Hening tapi ramai. Dan saya terharu… sungguh terharu. Maka saya katakan berkali-kali, latihan adalah milik kalian masing-masing, bukan milik saya, bukan milik guru, bukan milik orang tua, bukan milik orang lain. Latihan adalah latihan.
2 minggu sudah berlalu, dan semua sudah pulang ke rumah masing-masing. Tiap orang membawa kenangan indah dan pahit selama pravaraja, kegalauan masa depan, juga penyesalan di masa lalu. Well…  semua sudah berlalu, seperti prinsip Xing Tang: selalu jalan ke depan, tidak pernah jalan mundur dan tidak pernah menyesali apa yang sudah dilakukan. Semoga cita-cita kalian tercapai, dan yang harus terus ditekadkan: selamanya tidak akan mundur di jalan Kebuddhaan sampai mencapai kebuddhaan. Semoga niat luhur kalian tercapai dan jangan pernah putus di tengah jalan, ya… seperti menjadi Xing Tang di tempat makan, selalu maju ke depan tidak menoleh ke belakang😀
Di blog ini, saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia : B. Neng Xiu, B. Chuan Cung, B. Chuan Jing, B. Chuan Guang,  B. Xian Jie, B. Xian Xiang, Sr. Chuan He, Sr. Chuan Xie, Sr. Chuan Cai, Sr. Chuan Xin; dan sesepuh + pengurus Sangha Mahayana Indonesia:  B. Dharmasagaro, B. Kusalasasana, B. Andhanavira, B. Matra Maitri, B. Kusala Passa, B. Bhadra Pala, B. Gunasasana, Sr. Neng Rui, Sr. Neng Du, seluruh anggota sangha di Vihara Lalitavistara, Cilincing ; tim sukses di dapur VVB dan seluruh donatur baik melalui uang, barang, tenaga, atau dukungan, terutama untuk VVB. Tanpa kalian kami belum tentu berhasil seperti ini. Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada para peserta Sramanera, Sramaneri, Silasikha: Aleks, Benny, Chandra, Ervin, Erwin, Fendi,  Handoko, Irvan, Ricky, Riswan, Wiliem, Yanto, Yusak, Ahui, Julia, Loora, Lie Soni, Rieka Lim, Mei Fang, Ng Sai Ngo, Ng Susi, Nani, Ruby, Ye Liang, dan Susan. Berkat kesungguhan hati kalian, nama saya jadi terbawa harum….😀😀😀
Special Thanks untuk B. Matra Maitri: Gue gak pernah ninggalin elo. Ya, I can see and feel it. Thanks untuk Suhu Xue Liang yang sudah menyempatkan diri datang ke VVB walaupun harusnya gak di tempat :p
Thanks untuk Suhu Aan, Suhu Long Shan yang mau menjadi Acharya.
Thanks untuk Suhu Xian Bing yang sudah datang untuk pencukuran rambut walaupun sibuk banget.
Akhirnya, Terima kasih untuk semua makhluk, baik yang nampak maupun tidak tampak, semuanya turut mendukung kesuksesan Pravaraja SMI 2016 di VVB, Bogor. Banyak hal yang tidak perlu diucapkan dengan kata-kata, cukup tahu dan GAN EN. Itu saja.
Tadyata Om Gate-Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.
VVB, Bogor,
18.08.2016
Carya

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: