Catatan harian si pengembara dalam samsara


Another two nights in German. Hahaha….😀😀😀  Kembali tidur di vihara yang lain setelah meninggalkan Belanda, di vihara murid tertua dari Master Thich Nhat Nhan, pendiri European Institute of Applied Buddhism. Metode meditasi bercirikan Vietnam. Dengan bhiksu dan bhiksuni yang kebanyakan dari Vietnam dan orang setempat alias Westerners. Luar biasa jalinan ini ya… aku gak berani membayangkannya. Yang pasti aku menjalani hari-hari ini dengan tanpa beban, benar-benar aku nikmati. Seperti yang suhu bilang, dapat pengalaman baru… so enjoy banget.
Yang berkesan di sini adalah bangun pagi di jam 5, kemudian 05.30 di hari berikutnya melakukan ritual bersama yaitu pembacaan vinaya bhiksuni berbahasa Vietnam. Yang lebih luar biasa lagi adalah aku duduk di depan, karena katanya aku yang paling tua. Hiks… hiks… biasa di Indonesia ada yang dituakan… sampai sana kenapa jadi yang tertua… Rasanya gado-gado, ya tegang, takut, serem, senang, terharu, bingung, gak jelas lah. 
Meditasi jalan dan duduk, diskusi dharma, minum teh, semuanya sangat menyenangkan. Apalagi ketika makan baik sarapan, makan siang, atau makan malam. Dalam diam adalah keributan, dalam keributan ada keheningan. Sungguh luar biasa ! Ketika mendengar lonceng jam, semua aktifitas berhenti. Awalnya sungguh sulit, karena meskipun terbiasa makan dalam hening, tetap tidak biasa ketika makan tiba-tiba di stop begitu saja… mana perut lapar, mana enak, mana mau buru-buru, mana mau tambah lagi niatnya. Hahaha….. dan tiba-tiba harus berhenti.
Pikiran bekerja, kemarahan muncul, kecewa juga. Karena sedang enak-enaknya makan, terus harus berhenti; sedang lapar-laparnya tiba-tiba harus berhenti. Keseeelllll banget. Hahaha…. tapi terus tersadar dari lamunan kesel dan marah itu, inilah anitya. Inilah saatnya melepas dari kemelekatan. Inilah yang disebut 放下. Gak usah jauh-jauh mesti ke gunung, atau hutan. Di dalam makanan saja, saya harus melepas keakuan, saya harus melepas keegoan. Amituofo…..😀😀😀 Dan susah sekali….😀

Sebelum mengawali sharing dharma, peserta disuguhkan minuman dan kue-kue untuk dibawa ke ruang sharing. Sebelum mengambil teh dan kue-kue, peserta memberikan penghormatan kepada makanan yang ada di depan kita karena semuanya adalah jasa dari banyak orang, termasuk semua makhluk. Kemudian pelan-pelan mengambil minuman dan makanan, lalu masuk ke ruang sharing. Setelah masuk altar, memberikan penghormatan kembali. Semuanya dengan penghormatan, kepada Triratna, orang tua dan guru, negara dan semua makhluk. Empat jasa yang  tidak terbalaskan sampai kita meninggal. Puji syukur kepada Triratna, terima kasih kepada para guru, semua makhluk. Aku hadir di sini, aku ada di sini. 

Saling berbagi menggunakan bahasa Inggris, Mandarin, dan Indonesia, membuat jantung mau copot. Pilihan hanya dua bahasa yaitu inggris dan mandarin, tapi kalau harus memilih lagi tetap harus Inggris yang kupilih. Mandarinku berantakan. Bahasa Indonesia nya gak ada penerjemah huhuhu….. semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan yang pasti, aku lebih bersyukur lagi karena telah berkumpul dengan orang-orang hebat walaupun untuk dua minggu ini.
Bersyukur membuat aku lebih menggunakan hati saat berjalan, bekerja, dan melakukan aktifitas lainnya. Bersyukur dalam kelahiran sekarang aku memiliki guru yang membuat aku sadar seperti sekarang. Tidak lagi menyalahkan keadaan, tidak lagi menyalahkan orang lain, tidak lagi merugikan orang lain. Semuanya adalah proses yang harus kujalani dan harus kusyukuri. Tidak ada peristiwa yang membuat aku terluka hari itu maka tidak ada aku yang lebih dewasa hari ini. Terima kasih untuk semua jodoh, terima kasih untuk semua kesempatan yang diberikan kepadaku, terima kasih untuk semua kesabaran yang diberikan oleh suhu. Terima kasih untuk semuanya. ~感恩所有的因緣 ~
Carya. 05.01.2015

Leave a Reply

