Catatan harian si pengembara dalam samsara

THE PAST VS THE FUTURE


Monkey Mind:

When the worst thing had happened in our life, and now people look down on us, they give harsh speech, they show bad attitude towards us, and they don’t give any respect to us… Just motivate ourselves. We must change the change, we must love ourselves as nobody will love us more than we do. Just remember this:

We can’t change the past, but we surely can write the future more beautiful than the past.

Rise up!!!

Barangkali kita pernah berpikir atau merasakan seperti ini: “Betapa malangnya hidupku. Masa depanku sudah hilang, Aku tidak sanggup lagi menatap masa depan. Aku tidak tahu bagaimana aku harus menghadapi masa depanku. Aku menderita sekali.”

Ya, yang sekarang aku sadari, ternyata masih ada orang yang lebih malang daripada aku. Orang-orang ini tidak membuka dirinya, mereka menutup masa lalunya, mereka mengubur penderitaannya dalam-dalam… dan kita tidak pernah dapat tahu dan menggali, kita hanya berpikir dan merasakan sendiri, bahwa aku adalah orang termalang di dunia. Tetapi begitu mereka mau membuka diri, mau berbagi, mau bercerita… aku bersyukur, ternyata aku tidak semalang itu, bahkan aku sangat beruntung dibanding mereka.

So.. apapun penderitaan yang kau rasakan di masa lalu, bangkitlah! Sekarang saatnya untuk bangkit, untuk maju, untuk melangkah. Jangan jadikan masa lalu sebagai rantai yang mengikat kedua kaki melangkah ke masa depan. Masa lalu sudah berlalu, sekarang saatnya menata kembali masa depan. Mulailah dari titik Nol… lama-lama akan menjadi positif.

Ingat pada hukum karma, ingat pada perbuatan-perbuatan baik yang pernah kita lakukan, ingat pada akibat dari perbuatan-perbuatan buruk yang pernah dilakukan di masa lalu sengaja ataupun tidak sengaja baik lewat pikiran, ucapan maupun perbuatan, itu semua pasti akan berbuah di masa yang akan datang. Tidak ada orang yang bisa menolong saat karma buruk itu berbuah, terima saja.. dan bertekadlah untuk tidak lagi mengulang kesalahan di masa lalu. Bangkit, dan belajar menjadi manusia baik siang dan malam. Karena hukum karma itu adil, hukum karma itu milik semua orang.

Tidak ada yang perlu disesali, tidak ada yang perlu ditangisi. Jangan balas kejahatan dengan kejahatan, karena si pelaku kejahatan apapun alasannya tetap akan harus menerima akibat karmanya. Maka lebih baik kita bersabar, bersabar dan terus bersabar. Sembari kita berbuat baik, niscaya masa depan akan gemilang, akan cerah, dan akan sesuai dengan harapan bahkan melampaui apa yang kita harapkan.

Semoga kita semua tidak menghina, mengejek, atau memandang rendah orang-orang malang tersebut, melainkan kita dapat berempati, mendukung mereka untuk selalu bangkit dan menjalani masa depannya dengan penuh makna.

Selamat berkarya, semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Carya.
28.09.2015

Leave a Reply

