Catatan harian si pengembara dalam samsara

Tuhan dan SMS


“Suster, kenapa gak ada SMS masuk HP ku?” “Lho, emang oma SMS siapa?” “Aku SMS Tuhan.” Suster terkejut. “Oma bilang apa?” “Aku cuma tanya sama Tuhan, kenapa Tuhan belum memanggil aku juga? Aku sudah menunggu lama. Tapi aku tahu, Tuhan sedang sibuk jadi mungkin masih belum sempat balas SMS aku”.

Itu adalah cerita seorang suster perawat kepadaku saat aku mengunjungi suster tersebut minggu lalu. Oma sudah berusia 80 an, sudah uzur, dengan kondisi tubuh tidak dapat bergerak. Oma hanya terbaring di tempat tidur, dari pagi sampai malam, dari awal bulan hingga akhir bulan. Jenuh. Satu kata itu yang kupikir dapat mewakili perasaan oma saat ini.

Tuhan tidak mungkin membalas SMS oma, semua orang tahu itu. Tuhan tidak mungkin mengirimkan SMS untuk oma, semua orang paham tentang hal itu. Dan Tuhan tidak mungkin menelepon orang-orang untuk memanggil pulang.😀

Kematian tidak usah ditunggu, karena ia pasti akan datang cepat atau lambat. Kematian tidak usah diharapkan, karena itu pasti setelah kita lahir. Yang tentunya harus kita lakukan adalah melakukan kebajikan sebanyak mungkin sebelum nafas kita tidak dapat ditarik kembali, karena hanya amal ibadah dan pahala kebajikan yang akan kita bawa ke alam berikutnya.

Barangkali kita bisa mengikuti sisi baik komedian Olga, yang terus berbuat baik tanpa ingin diketahui orang lain. Mulai saat ini, sekarang juga, melakukan kebajikan dengan sepenuh hati, tanpa memperhitungkan pamrih. Tuhan tidak buta, ia melihat, ia mengetahui, dan ia maha sempurna. Ia tahu apa yang terbaik untuk mereka yang meyakininya.

Carya, 03.04.2015

Leave a Reply

