Catatan harian si pengembara dalam samsara

Menjalani tahun 2014


“Selamat menjalani tahun 2015, semoga harapan, keinginan, cita-cita, doa, dan tekad terealisasi di tahun ini.” Hanya kalimat inilah yang aku gunakan untuk membalas setiap sms yang mengucapkan selamat tahun baru 2015. Ya, aku merasa begitu berbasa-basi bila mengucapkan kalimat-kalimat yang serba panjang, karena aku sendiri tidak pernah membaca sampai habis setiap pesan-pesan panjang yang masuk.😀

Masa lalu benar-benar telah berlalu. Masa yang akan datang, tidak jelas juga seperti apa. Buddha menganjurkan kita untuk hidup saat ini. Sulit sekali karena pikiran ini begitu rajin terbang ke sana- kemari, mengembara, liar, tidak terkendali, tanpa arah, tanpa tujuan, dan sering tersesat. Demikian pula ketika masa lalu hadir… mengusik jiwa, pikiran, dan batin. Ketika diikuti, yang muncul adalah rasa rindu, benci, sayang, marah, kesal, kecewa, dan senang yang bercampur seperti gado-gado.

Aku tidak mengharap masa lalu itu kembali, dan aku tidak menanti masa depan itu terjadi. Biarlah semuanya mengikuti arus kehidupan, sesuai dengan kebajikan yang pernah kulakukan.. semoga seperti itulah kebaikan itu berbuah padaku sesuai pada waktunya.

Mari menatap masa depan yang gemilang, karena kita adalah pewaris karma kita sendiri yang sejati.

Carya.
04.01.2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: