Catatan harian si pengembara dalam samsara


Kemarin seorang ibu meminta saya untuk membaca doa di rumah duka Jakarta untuk ibunya yang baru meninggal jam 9 pagi. Ibu ini masih menangis ketika saya datang sore hari ke rumah duka. Yang dikatakannya, suhu… saya nyesal kalau udah begini. Saya hanya tersenyum. Ya sudah, baca doa saja di kamar jenazah… supaya mama jalannya lancar. ibu ini berjalan masuk ke ruang jenazah.

Setelah orang tua menghembuskan nafas, menutup mata untuk selama-lamanya, diam kaku dan tidak bergerak lagi… apakah masih berguna air mata penyesalan itu? Apakah masih ada manfaat air mata yang terus mengalir itu? Tidak! Tentu tidak ada manfaatnya. Daripada menyesali hal-hal yang sudah berlalu, lebih baik lakukan sesuatu yang lebih bermanfaat. Tidak bisa menemani ibu saat beliau masih hidup sudah berlalu, saat ini adalah saat yang penting untuk melimpahkan pahala kebajikan dengan membaca sutra, mantra atau parita agar hidup ibu di kelahiran berikutnya lebih baik daripada kehidupan saat ini.

tidak ada gunanya, lebih baik diam tenangkan pikiran dan redakan gejolak emosi yang muncul, katakan pada orang tua agar selalu mengingat Buddha, Dharma dan Sangha dalam setiap kelahirannya, melatih sila, samadhi dan prajna hingga mencapai pantai bahagia. Ingat selalu, bahwa setiap orang memiliki karma dan jodohnya masing-masing. Oleh karena itu, jangan terlalu menyesali keadaan, semua sudah terjadi dan memang begitu kondisinya. Terima saja, lakukan yang terbaik untuk orang tua di hari terakhir perjalanan kehidupannya, dan sempurnakan perjalanan kehidupannya sebagai manusia dengan lapang dada. Jangan perebutkan harta itu, semua tidak ada yang kekal abadi. Bila memang rejeki itu miliki kita, maka ia akan menjadi miliki kita. Bila itu bukan rejeki kita, biarpun dipertahankan, tetap tidak akan menjadi milik kita. So… latihlah terus kesadaran, jangan kembangkan lobha, dosa dan moha baik lewat ucapan, pikiran maupun perbuatan.

Semoga semua ibu berbahagia…

Bogor, 04.04.2014
Carya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: