Catatan harian si pengembara dalam samsara

BBM


BBM bukan singkatan dari Bahan Bakar Minyak tapi Black Berry Messanger. Saya rasa teknologi canggih ini memiliki kerugian dan keuntungan. Keuntungannya adalah kita memperoleh informasi yang sangat cepat. Satu ada di negara seberang sana dan yang lain ada di negera seberang sini. Sekali klik SEND…. terkirimlah semua yang telah diketik-ketik. Keuntungan BBM ini berarti mendekatkan orang yang jauh. Kerugiannya dari BBM adalah kebalikan dari keuntungannya yaitu menjauhkan orang yang dekat.

Makannya duduk bersebelahan, tapi masing-masing sibuk dengan alat komunikasinya masing-masing. Tidak ada komunikasi berarti antara yang satu dengan yang lain. Kadang-kadang memang ada pembicaraan, tetapi tidak berlangsung lama. Kalau dulu, dalam pembicaraan sesekali telepon berbunyi. Kalau jaman sekarang, dalam telepon sesekali ada pembicaraan.

Mengerikan sebenarnya kemajuan teknologi ini bila kita tidak memiliki kontrol diri. Yang kesepian, mencari hiburan dalam grup. Yang tidak punya kegiatan, mencari keasyikan dalam dunia maya. Yang tidak punya sandaran, mencari kawan dan kehangatan di dunia maya. Kontrol diri dan mawas diri…. sangat-sangat diperlukan dalam kemajuan teknologi canggih sekarang ini. Oleh karena itu….. Hati-hati bagi yang sudah berkeluarga atau baru memiliki kekasih, karena saya yakin… sahabat dunia maya itu jauh lebih menyenangkan untuk diajak berdiskusi, bercanda dan bernostalgia daripada orang-orang yang ada disekeliling kita….

Well…. be wise, all !!!!

Carya (03.08.20130)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: