Catatan harian si pengembara dalam samsara


“RIP Samanera Jajang Wijaya…. semoga terlahir di alam yang bahagia”

Update status yang sederhana dan sangat bermakna. Terlebih mengejutkan lagi saat membaca nama yang tertera di sana. Rasanya nama itu tidak asing lagi buat saya. Ya… tiba-tiba muncul satu sosok tinggi besar, hitam…. dengan kemeja kotak-kotak. Rapi. Dia kah? Tapi mengapa ada kata samanera? Who’s that?

Penasaran saya mengomentari status orang ini. Benar…. ternyata bayangan wajah tadilah yang meninggal. Saya terdiam. Tidak percaya. Terkejut. Begitu cepat perpisahan ini tiba. Pikiranpun lalu mengembara kepada 12-13 tahun lalu. Pertama kali kita berkenalan atau saling mengenal. Banjir besar Jakarta  yang mempertemukan kita. Kita bekerja sama dalam tim yang berbeda. Saling membantu menyuplai susu, beras, air minum, bumbu-bumbu makanan, mobil, uang , tenaga…. demi membantu para korban banjir di beberapa wilayah Jakarta. Saat itu sebagian besar Jakarta lumpuh. Kita bergerak sendiri, menerjang banjir, menerjang air hujan… menerjang bahaya di depan mata…. demi menolong mereka yang tidak memperoleh makanan, baju, dan keperluan lainnya.

12-13 tahun sudah berlalu. Sudah lama ternyata waktu kita berkarya bersama. Sudah bertahun-tahun pula kita tidak saling berjumpa. Mungkin lebih dari 5 tahunan. Rasanya seperti mimpi ketika membaca berita itu…. “meninggal di dalam bis. Telah menjadi samanera di Thailand pada tanggal 27 Juni 2013”. 

Selamat jalan, sahabat dalam suka dan duka. Semoga kau selalu mengembangkan benih-benih kebuddhaan dalam setiap kelahiranmu, semoga Triratna menjadi pelindungmu selalu.

Amituofo….

 

Bogor, 2 Juli 2013 (23:55)

Carya

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: