Catatan harian si pengembara dalam samsara

Mau dan Tidak Mau


Mau dan tidak mau adalah kata-kata yang artinya berbeda 180 derajat. Satu ke kanan dan satu lagi ke kiri. Mau… tidak mau….

Ada kalimat tentang mau dan tidak mau di radio motivasi yang membuat saya terbahak-bahak…. bukan karena lucu, tapi emang benar dengan apa diungkapkan si motivator. Apa katanya… ingin tahu? Begini…. Begitu saya mengatakan MAU… maka saya akan membuat 1000 jalan…. tetapi ketika saya mengatakan TIDAK MAU…., maka saya membuat 1000 alasan.

Rasanya lucu… tapi kalo dipikir-pikir benar juga kalimat itu. Contoh yang sering saya lakukan…. saya mau minum es di siang hari bolong… kemana pun saya akan cari jalan buat minum es. Betul kan… mau minum es menjadikan kita memiliki 1000 jalan untuk mencari es. Bisa suruh orang ke pasar, bisa suruh orang cari di depan rumah, bisa juga kita sendiri pergi ke toko, super market, atau ke dapur bikin minuman sendiri. Pokoknya… begitu MAU… langsung buat banyak jalan.

Sebaliknya… begitu bilang TIDAK MAU… otomatis kita nyari-nyari alasan. Misalnya, besok Minggu pagi kita diajak meditasi seharian. Katakanlah meditasi Vipassana di suatu vihara di Jakarta… terus udah didaftarkan, free… tinggal bawa diri doang. Karena gak enak… jadi bilang OK. Sekarang udah hari Kamis… besok udah Jumat, lusa udah Sabtu… makin dekat harinya, makin besar rasa malasnya. Mulai deh mencari 1000 alasan di kepala buat gak ikut meditasi, tapi gak nemu juga… dan gak enak juga ama yang ngajak. Sabtu siang… tiba-tiba dapat telepon dari adik bahwa minggu pagi ada acara keluarga… langsung dah perasaan melambung… ketemu dah alasan gak usah ikut meditasi. Itu namanya 1000 alasan kalo kita TIDAK MAU.

Bener ya apa yang dikatakan si motivator. So…. intinya… mau atau tidak mau…. terserah sih, tapi kalo bisa jangan karena MAU lalu nyari-nyari jalan sampai merugikan orang lain atau makhluk lain…. atau membuat keserakahan, kebencian dan kebodohan batin meningkat. Tetap lah waspada walaupun sudah punya 1000 jalan di depan mata.

Lalu… kalo tidak mau… juga jangan cari-cari alasan sampai merugikan orang lain, sahabat, teman, keluarga atau siapa pun juga… karena itu akan meningkatkan keserakahan, kebencian dan kebodohan batin kita. Baiknya kita tetap waspada, sadar, mawas diri dan jangan terjebak oleh kata MAU atau TIDAK MAU. Jalan ada dimana saja… tergantung kita.. mau jalani atau tidak.. jangan nunggu MAU baru jalan.. jangan juga nunggu GAK MAU baru cari-cari jalan keluar.

Well… selamat merenung, dan selamat menjadi orang baik..

Bogor,  02.05.2013

Carya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: