Catatan harian si pengembara dalam samsara


Hal yang paling menyedihkan dan menyakitkan adalah perpisahan dengan orang yang sangat kita cintai.   Perpisahan karena jodoh yang telah berakhir, perpisahan karena kematian, perpisahan karena dia selingkuh atau perpisahan karena dipaksa untuk berpisah. Akan banyak tangisan yang dibawa siang dan malam. Rasa hampa, kosong, sepi dan hidup tiada makna akan menyelimuti hari-hari kita. Tiada kebahagiaan, tiada kehidupan, tiada masa depan. Kita terus hidup dalam bayangan masa lalu. Kita tidak mampu menghadapi masa depan, karena tidak tahu… bagaimana cara hidup saat tidak lagi bersama dengan orang yang kita cintai.

“Saat mengalami titik jenuh…. kembali pada jati diri yang sejati… itu kunci utama.”

Selamat Jalan Ustad…. Perjalanan kehidupanmu memberikan banyak inspirasi kepada setiap orang… termasuk untukku… walaupun aku tidak mengenalmu dan kamu tidak mengenalku. Setidaknya ada bagian dari kehidupanmu yang membuat aku sadar…. kita harus menjadi bagian dari mereka bila kita ingin menolong mereka. Selama ini… yang sering aku lakukan adalah merasa aku benar, merasa aku lebih tinggi, merasa aku lebih hebat. Kematianmu membuat aku tersentak…. sudah saatnya aku pun mempersiapkan terbenamnya matahariku.

“Tidak membedakan…. tidak mengharuskan kamu mengikuti aku… tidak memaksakan kehendak…. yang penting selalu membawa manfaat bagi semua orang.”

TQ for being my inspiration… TQ for being others’ inspirations. TQ for being here… with us.

Selamat Jalan… semoga pahala kebajikan yang telah kau lakukan… menuntunmu terlahir di kehidupan bahagia.

Tadyata Om Gate Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.

Bogor, 27 April 2013

Leave a Reply

