Catatan harian si pengembara dalam samsara

Pembelajaran


Kegiatan saya terakhir yang cukup berkesan adalah mengunjungi rumah singgah khusus Kanker untuk anak-anak di Percetakan Negara. Anak usia bbrp bulan terbaring dengan selang memasuki hidung, anak wanita yang tidak dapat menggerakkan kakinya, anak lelaki yang sudah kehilangan ginjalnya, anak balita yang kehilangan sebelah matanya….
 
Pembelajaran apa yang saya dapat disana? 

1. Saya tidak pernah bersyukur bahwa saya sudah memiliki kesehatan.

2. Saya selalu mengeluh bahwa selalu kekurangan.

3. Saya selalu tidak penah mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang telah membantu saya.

4. Saya memiliki keakuan yang besar sehingga merasa bahwa saya adalah orang yang luar biasa di dunia.

5. Saya tidak pernah berbahagia saat saya sakit, dan saya selalu merasa susah padahal saya sedang sehat.

6. Saya sering menginginkan kenikmatan, mengulanginya dan melekat padanya… saya tidak pernah merenungkan betapa banyaknya anak-anak dan orang-orang yang sama sekali tidak boleh menikmatinya… seperti mie instan????

Banyak hal yang tidak hal tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata…. hanya berharap, semoga saya selalu seperti padi.. semakin berisi semakin merunduk, atau seperti bambu, meskipun ditiup angin kencang… selalu kembali ke posisi awalnya.

Semoga pembelajaran yang telah saya peroleh ini, membuat Anda tersentu dan mulai sekarang juga, saat ini juga, detik ini juga, momen juga…. berkarya untuk orang lain, untuk makhluk lain… sebelum semuanya terlambat.

Sungguh sulit terlahir sebagai manusia… sungguh sulit berjumpa dengan Buddhadharma… kini Aku memiliki kesempatan mendengarkan Buddhadharma, semoga Aku selalu mempraktekkan Jalan.

Tadyata Om Gate Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.

Bogor, 29th March 2013.

Leave a Reply

