Catatan harian si pengembara dalam samsara

STELLA


Namo Sakyamuni Buddhaya,
Teman-teman sekalian,
Sungguh bersyukur bahwa kita telah lahir sebagai manusia dengan semua keberuntungannya: tubuh yang lengkap dengan panca indera dan fungsi-fungsinya yang sempurna, bertemu Buddhadharma dan kesempatan untuk mempraktekkan ajaranNya.
Anda mungkin tidak pernah melihat langsung seorang manusia yang tidak memiliki pembuangan sama sekali?
Sahabat kecil kita… Christella Angelica Saputro, adalah salah teman kita yang tidak seberuntung kita. Ia berusia 20 bulan sekarang. Ia terlahir tanpa lubang saluran kencing dan anus sehingga proses pembuangan dilakukan dengan membuat lubang buatan di perut. Ada dua lubang… yang satu untuk pup… yang satu lagi untuk buang air kecil. Jadi Stella, adik kita… kemana-mana selalu membawa kantong. Kantongnya adalah kantong buatan papa nya sendiri, karena di toko-toko belum ada yang jual kantong size balita.
Yang paling mengharukan …. ibunya udah gak di samping Stella lagi. Ibunya udah meninggalkan Stella waktu anak ini usia 3 bulan. Saya berpikir, mungkin ibunya tidak siap mental melihat kondisi anaknya seperti itu jadi anaknya ditinggal pergi. Stella punya satu kakak laki-laki… usianya masih balita, sekitar 4.5 tahun.
Ayah Stella bekerja sebagai sales mebel. Stella dan keluarga tinggal di rumah kakek daerah Bekasi. Saat ini ayah Stella sedang mengusahakan operasi pembuatan lubang untuk Stella. Tim dokter yang menangani kasus Stella ini adalah tim dokter R.S. Carolus. Operasi mungkin harus dilakukan sebanyak 3 tahap. Rencana operasi tahap 1 itu tahun 2013 awal, mungkin Januari.
Anak cantik ini… begitu lahir tidak diketahui jenis kelaminnya. Dokter terpaksa membedah perutnya untuk memastikan jenis kelaminnya. Ditemukan rahim… dokter pun memastikan bayi ini berjenis kelamin perempuan. Selain itu…. sejak lahir… paha kiri dan kelaminnya banyak bercak-bercak merah yang sangat tebal… dokter bilang, pembuluh darahnya pecah.😦
Teman-teman semuanya…. Barangkali ada diantara kita yang tidak pernah berterima kasih dan bersyukur… atau suka lupa berterima kasih dan bersyukur, mari kita sama-sama mengucapkan syukur bahwa kita telah lahir begitu sempurna meskipun banyak kekurangan-kekurangan yang kita rasakan. Tapi saya harap… kekurangan-kekurangan itu tidak membuat kita patah semangat atau mundur dan menyerah… kita harus tetap maju dan melangkah sampai titik akhir…. karena matahari selalu muncul setiap hari.
Teman-teman… mari kita tingkatkan keperdulian kita pada orang-orang di sekitar kita… kita liat ke kanan dan ke kiri, liat ke bawah… selagi mampu mengulurkan tangan, mari kita kembangkan tekad dan ikrar untuk selalu menolong semua makhluk hidup tanpa batas. Mari kita kumpulkan kebajikan sedikit-demi sedikit… asal tulus, pahalanya seperti samudra yang luas dan tak terhingga…. sama seperti kebajikan para Buddha, Dharma dan Sangha yang tidak ada batasnya.
Mari kita gugah hati teman-teman kita yang lain… untuk perduli pada sesama, untuk membantu meringankan penderitaan siapapun. Bila anda memiliki uang lebih… berilah uang. Bila anda memilki tenaga lebih… berilah tenaga. Bila anda memilki pikiran dan ide-ide cemerlang… berilah ide-ide. Bila anda hanya bisa menulis… berilah tulisan-tulisan… semuanya untuk memperindah Tanah Suci Para Buddha.
Kita dedikasikan pahala dan kebajikan dari tekad agung untuk meringankan penderitaan makhluk hidup tanpa batas ini kepada Stella dan teman-teman kita lainnya. Semoga kebahagiaan selalu menyertai mereka dan keluarga kita. Semoga semua makhluk hidup terlepas dari penderitaan dan hidup bahagia.
Kebajikan Buddha, Dharma dan Sangha sungguh luar biasa dan tiada taranya.
Kini Aku telah bertemu Buddha, Dharma dan Sangha.
Semoga aku selalu mengingat kebajikan Triratna ini, dengan mempraktekkan ajaranNya sampai aku mencapai pantai bahagia.
Tadyata Om Gate Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.
Bogor, 11.12.2012
Carya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: