Catatan harian si pengembara dalam samsara

Guru


Bersyukur bahwa dalam kelahiran sekarang, aku betemu dengan banyak guru. Guru-guru yang mengajarkan aku berhitung. Guru-guru yang mengajarkan aku membaca. Guru-guru yang mengajarkan aku tentang kehidupan. Guru-guru yang mengajarkan aku tentang pengetahuan. Guru-guru yang mengajarkan aku tentang seni kehidupan. Guru-guru yang mengajarkan aku tentang hakikat kehidupan.

Buat sebagian orang… guru itu seperti tebu. Habis manis sepah dibuang. Tapi buatku, guru itu seperti matahari yang terus bersinar menyinari hidupku. Aku sangat berterima kasih pada semua guruku yang telah mengajarkan aku sesuatu hingga aku menjadi “aku” saat ini. Tanpa para guru… aku tidak akan menjadi aku yang tahan banting. Aku tidak akan menjadi aku yang mandiri. Aku tidak akan menjadi aku yang hidup apa adanya. Aku tidak akan menjadi aku yang menjadi diriku sendiri. AKu tidak akan menjadi aku yang memiliki kepercayaan diri.

Guru… buatku sosok-sosok yang selalu menjadi panutan. Sosok yang selalu menguatkan. Sosok yang selalu menenangkan. Sosok yang selalu membuat hidup bersinar. Karena guru adalah matahari di siang hari, karena guru adalah rembulan di malam hari, karena guru adalah setetes air di padang gurun, karena guru adalah sebutir nasi untuk mereka yang kehausan…

Guru, buatku adalah satu bentuk kehidupan yang berjodoh dengan ku saat ini. Guru buatku adalah satu bentuk kehidupan yang membuat satu jalinan persahabatan denganku. Guru buatku adalah satu bentuk kehidupan yang menyatu dengan segala macam kebajikan dan kebaikan. Guru, buatku adalah panutan yang tidak pernah ada habisnya, yang tidak pernah ada putusnya, yang tidak pernah ada akhirnya.

Meskipun hari ini guru-guru tidak lagi di sampingku, meskipun hari ini guru-guru tidak lagi ada di sisiku, meskpun hari ini guru-guru tidak lagi mendampingiku.. tetapi cahaya para guru.. selalu bersinar dalam setiap langkahku.

Guru…

Aku selalu memohon… agar para guru selalu terberkahi… agar para guru selalu hidup berbahagia.

Terima kasih guru…

Comments on: "Guru" (1)

  1. two thumbs…

    谢谢、老师们。。

Leave a Reply

