Catatan harian si pengembara dalam samsara


Berbicara tentang hari artinya kita sedang berbicara tentang waktu. Kalau sudah bicara waktu itu berarti ada masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang. Banyak orang menulis, masa lalu adalah kenangan, masa yang akan datang adalah harapan dan masa saat ini adalah kenyataan. Menurut saya, masa lalu apapun juga adalah kenyataan. Kenyataan yang biasa saja, pahit dan manis. Ini yang membentuk kehidupan kita saat ini. Tanpa kenyataan-kenyataan di masa lalu, tidak mungkin ada kita di masa ini di saat ini. Untuk masa yang akan datang, tergantung hari ini… apapun yang akan kita lakukan, kita pikirkan dan kita rasakan… bergabung dengan tekad, dengan usaha, dengan semangat maka semuanya akan menjadi masa yang akan datang. Tapi masa yang akan datang pun akan segera berlalu menjadi saat ini dan sekejap menjadi masa lalu.

Saya lebih suka dengan kalimat, “Setiap hari adalah hari yang baru”. Dengan mengingat kalimat ini dalam hati, maka segala penderitaan, segala kesedihan yang membuat kita merana akan berkurang. Demikian pula dengan kebahagiaan-kebahagiaan yang pernah kita miliki.. selamanya tidak akan kekal, selamanya akan berubah.. ini membuat kita tidak melekat pada kebahagiaan, tidak melekat pada kesedihan, tidak melekat pada kepemilikan, tidak melekat pada kehilangan, tidak melekat pada usia muda dan juga tidak takut pada usia tua.

Mengapa? karena setiap hari adalah hari yang baru. Setiap saat adalah momen yang baru. Setiap kesempatan akan muncul, setiap kesempatan akan datang, semuanya tergantung pada diri kita. Apakah kita akan meraih kesempatan itu dalam keserakahan, kebodohan atau kemarahan? Ataukah kita meraih kesempatan itu dengan cinta kasih, kebijaksanaan dan kesabaran?

Perbuatan baik menghasilkan akibat yang baik. Perbuatan jahat menghasilkan perbuatan jahat. Dengan selalu merenungkan setiap hari adalah hari yang baru, saya setiap hari bertekad untuk selalu memulai kehidupan yang baru. Mengurangi kemelekatan, kebodohan batin, kebencian, keserakahan adalah keinginan kita semua. Meski sulit karena butuh pengendalian diri, butuh lingkungan yang sehat, butuh teman-teman yang mendukung tetapi kita semua harus maju terus.

Maju bersama di dalam kebaikan, maju bersama di dalam persaudaraan. Maju bersama di dalam kesejahteraan dan kedamaian.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments on: "Setiap hari adalah hari yang baru" (1)

  1. Mantap infonya gan, keep posting N sharing🙂
    jangan lupa mampir sini gan
    Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: