Catatan harian si pengembara dalam samsara

Film New Shao Lin


Dear all… ini lagu sound track nya film “Xin Shao Lin Si” .. yang nyanyi dan bikin lagu Liu De Hua sendiri. Filmnya bagus banget.. mantap abis deh, dan buat pelajaran juga buat kita…
1. Jangan berbuat jahat.
2. Kalo sudah terlanjur jadi orang jahat, berusahalah berubah, jangan jadi orang jahat terus.
3. Hukum karma itu adil dan selalu berjalan di manapun kita berada
4. Semua perbuatan baik dan perbuatan buruk pasti ada balasannya.
5. Roda kehidupan selalu berputar, sebentar kita ada di atas, sebentar kita ada di bawah..
6. Janganlah jadi orang yang sombong, saat kaya tetap rendah hati .. saat miskin pun jangan jadi rendah diri.
7. Di dunia ini tidak ada yang kekal, ada pertemuan pasti ada perpisahan, ada kelahiran ada kematian.
8. Berpisah dengan yang dicintai adalah penderitaan.
9. Berjuanglah membebaskan diri sendiri dari belenggu penderitaan.
10. Saat menjalani kehidupan, jalanilah dengan tulus dan hati yang bersih, rejeki pasti ngalir… hehehehe
11. Bertobatlah sebelum kematian tiba.
12. Selalu meminta maaf bila melakukan kesalahan dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi.
13. Membela negara adalah kewajiban kita, karena salah satu dari empat budi besar yang tidak dapat terbalaskan adalah NEGARA, selain Triratna, orang tua dan semua makhluk.
14. Mari belajar menerima apa adanya, tiap orang pasti ada kelebihannya.. walaupun cuma masak.. tapi masak itu bisa membahagiakan makhluk lain.
15. Lakukan segala hal dengan kesungguhan hati, pasti ada pahalanya.
16. Menolong orang lain adalah kewajiban kita… jangan membeda-bedakan siapapun karena semua orang pada dasarnya adalah sama.
17. Hidup ini hanya sepenggal nafas.. harta, nama baik dan apapun yang ada di dunia ini tidak akan dibawa setelah kita meninggal.
18. Hormatlah selalu pada orang tua, pada guru dan pada senior-senior kita. Ikuti kata-katanya.
19. Orang bijaksana berpikir lebih dalam daripada orang biasa.
20. Berani memiliki berarti harus berani untuk melepas !

Segitu aja yang bisa aku sampaikan… semoga bermanfaat.. dan semoga kita semua selalu sadar dan menyadari hakikat diri yang sejati. Salam….😀
 
劉德華-悟
电影《新少林寺》主题曲
作词:刘德华 作曲:赵钦

无量心 生福报 无极限
wu liang xin sheng fu bao wu ji xian
Hati yang lapang (tak berbatas) menumbuhkan pahala yang tak terhingga.
无极限 生息息 爱相连
wu ji xian sheng xi xi ai xiang lian
Tanpa ada yang membatasi, cinta akan terus berkembang menjalin ikatan.
为何君视而不见 规矩定方圆
wei he jun shi er bu jian gui ju ding fang yuan
Mengapa para penguasa menutup mata dan menetapkan peraturan untuk lingkungannya?
悟性 悟觉 悟空 心甘情愿
wu xing wu jue wu kong xin gan qing yuan
(seharusnya kita) Dengan suka rela dan sepenuh hati mencapai kemampuan untuk memahami, terjaga, menyadari adanya ruang hampa (kekosongan)

放下 颠倒梦想 放下云烟
fang xia dian dao meng xiang fang xia yun yan
Melepaskan kemelut bathin, impian dan menyingkirkan kabut di hati.
放下 空欲色 放下悬念
fang xia kong yu se fang xia xuan nian
Melepaskan hal hal yang sia-sia (tidak berguna), hasrat, keindahan (duniawi) dan menyingkirkan keterikatan emosional.
多一物 却添了 太多危险
duo yi wu que tian le tai duo wei xian
Semakin bertambah benda yang kita inginkan akan semakin membahayakan (hidup kita)
少一物 贪嗔痴 会少一点
shao yi wu tan chen chi hui shao yi dian
Semakin berkurang benda yang kita inginkan akan mengikis ketamakan, kemarahan, dan kebodohan (bathin)
若是缘 再苦味也是甜
ruo shi yuan zai ku wei ye shi tian
Jika memang terikat perjodohan, (hidup) dalam kepahitan akan terasa manis
若无缘 藏爱 在心田
ruo wu yuan cang ai zai xin tian
Jika tidak ada ikatan perjodohan, perasaan cinta hanya dapat dipendam di dalam bathin
尘世 藕断还丝连 回首一瞬间
chen shi ou duan hai si lian hui shou yi shun jian
Dalam dunia fana, meskipun telah terputus hubungan tetap masih terikat dan terus menoleh ke belakang (masa lalu) walaupun sejenak.
种颗善因 陪你走好每一天
zhong ke shan yin pei ni zou hao mei yi tian
(Hendaknya) Menanam benih kebajikan yang mendampingi perjalanan hidupmu dengan baik setiap hari.

唯有 心无挂碍 成就大愿
wei you xin wu gua ai cheng jiu da yuan
Hanya hati yang tidak diliputi kecemasan akan berhasil meraih tekad sempurna
唯有 心无故 妙不可言
wei you xin wu gu miao bu ke yan
Hanya hati yang tidak cacat dan sempurna tak terkatakan
算天算地 算尽了 从前
suan tian suan di suan jin le cong qian
Berbagai cara penghitungan, termasuk menghitung kembali apa yang pernah kita lalukan terdahulu
算不出 生死 会在哪一天
suan bu chu sheng si hui zai na yi tian
Tidak akan pernah mampu memperkirakan hidup dan mati kita

勿生恨 点化虚空的眼
wu sheng hen dian hua xu kong de yan
Janganlan hidup dalam kebencian (karena) akan mengarahkan kita pada pandangan yang hampa
勿生怨 欢喜 不遥远
wu sheng yuan huan xi bu yao yuan
Janganlah hidup dalam permusuhan (agar) kebahagiaan selalu tidak jauh dari kita
缠绕 欲望的思念 善恶一瞬间
chan rao yu wang de si nian shan e yi shun jian
Dalam sekejap kita dapat terjerat ikatan nafsu (keinginan), (dan) tidak mampu membedakan mana yang baik dan buruk
心怀忏悔 陪你走好每一天
xin huai chan hui pei ni zou hao mei yi tian
Pertobatan yang tulus dari dalam hati akan mendampingimu melewati hari dengan lebih baik

再牢的谎言 却逃不过天眼
zai lao de huang yan que tao bu guo tian yan
seketat apapun suatu kebohongan, tak akan lepas dari mata langit

明日之前 心流离更远
ming ri zhi qian xin liu li geng yuan
Sebelum hari berganti hati kita akan mengembara tak tentu arah
浮云霎那间 障眼 人心渐离间
fu yun sha na jian zhang yan ren xin jian li jian
Perlahan-lahan dan dalam sekejap awan yang melayang layang akan semakin menghalangi pandangan
集苦连连 不断的出现
ji ku lian lian bu duan de chu xian
Kepahitan yang muncul secara terus menerus akan semakin menumpuk

无量心 生福报 无极限
wu liang xin sheng fu bao wu ji xian
Hati yang lapang (tak berbatas) menumbuhkan pahala yang tak terhingga
无极限 生息息 爱相连
wu ji xian sheng xi xi ai xiang lian
Tanpa ada yang membatasi, cinta akan terus berkembang menjalin ikatan
凡人却视而不见 规矩定方圆
fan ren que shi er bu jian gui ju ding fang yuan
Umat manusia di dunia fana justru menutup mata dan hanya menetapkan peraturan
悟性 悟觉 悟空 心甘情愿
wu xing wu jue wu kong xin gan qing yuan
(seharusnya kita) Dengan suka rela dan sepenuh hati berusaha mencapai kemampuan untuk memahami, terjaga, menyadari adanya ruang hampa (kekosongan)
简简单单 陪你走好每一天
jian jian dan dan pei ni zou hao mei yi tian
Secara sederhana dan apa adanya menjalani kehidupan ini dengan baik.

 
Requested and translated by : Evie Lindiawati Gunawan (07/02/2011)

Comments on: "Film New Shao Lin" (2)

  1. Among all the movies that show fighting, war, blood, grudge, this is one of the best movies that I have ever watched. It showed no matter how cruel you are, when you are spiritually enlightened, you will gladly seek the solution to get rid of physical and mental suffering. Only those who opt to free themselves will succeed. Amitofo.

  2. mantab~~~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: