Catatan harian si pengembara dalam samsara

Surat buat para TKI dan TKW


Sedih banget ya rasanya mendengar berita tentang beberapa TKW yang disiksa oleh para majikannya. Ada yang dipukul, disetrika, digunting bibirnya. Oohh.. makhluk apakah itu yang tega menyakiti, melukai dan menganiaya manusia lainnya ???? Menakutkan sekali perilaku manusia-manusia itu !!

Ada lagi TKW yang diperkosa oleh majikannya.. kemudian dibunuh dan dibuang ke tempat sampah umum. Maksudnya apa itu ??? Tidak sadarkah bahwa itu sudah melanggar HAM ? Tahu HAM itu apa ?? Hak Asasi Manusia !!

Semua manusia kan punya kesempatan untuk hidup yang layak seperti seharusnya manusia hidup.. tapi kok bisa-bisanya dan tega-teganya mereka malah memperlakukan Tenaga Kerja Wanita Indonesia kita seperti hewan ? Kayanya nasib hewan masih lebih baik daripada TKW deh. Masih dielus-elus, dibawa ke salon, tidurnya pake selimut hangat… makanannya malah lebih mahal daripada makanan tuannya.

TKW oh TKW… malang nian nasib kalian !!!

Tapi gua juga bingung… kenapa seh orang Indonesia niat banget jadi TKI dan TKW di negara orang ?? Emang seh gajinya “keliatan” besar… tapi kalian semua sadar gak seh kalo biaya hidup di negeri orang itu besar juga… kalian cape-cape kerja… akhirnya bukan dapat untung malah nyawa melayang, masa depan melayang, harga diripun melayang…

Apa seh yang kalian cari ??? Kalo boleh gua kasih saran… daripada kalian membulatkan hati  jadi TKI dan TKW.. lebih baik kali membulatkan hati untuk memakmurkan Indonesia supaya kalian bisa hidup enak, senang dan tenang. Kalian jangan mengharapkan orang lain memberikan pekerjaan kepada kalian… tapi sebaliknya kalian harus menciptakan lapangan pekerjaan bagi kalian sendiri.

Tinggal di negeri orang lain… cuma bangga-banggaan sesaat doang… kalo kejadian buruk menimpa kalian…. mau lapor juga kemana ??? Orang lain cuma bisa demo, teriak-teriak dan bantu sesaat… tapi hidup jangka panjangnya ??? Tetap aja kan kalian harus jalanin sendiri..

Lebih baik kalian melakukan sesuatu untuk negeri ini.. dan kalian bertahan di negeri ini… kalo dijalankan dengan serius… gua percaya, hasilnya sama kok ama pendapatan di luar negeri.. malah lebih gua rasa. Di luar sana kalian jadi pembantu.. kalo di negeri sendiri ?? Kalian bisa jadi tuan atas mereka semua.

So… Gantilah singkatan TKI dan TKW.. jangan lagi menjadi Tenaga Kerja Indonesia dan Tenaga Kerja Wanita.. atau Tangisan Keras Wanita… tetapi gantilah menjadi Tekad Keras Wanita.. dan Temukan Wawasan Itu !!

Sukses buat kalian ya… jangan putus asa !! Bangkit .. bangkit… bangkit… !! Gali terus ilmu dengan belajar.. belajar dan belajar.. supaya kalian gak jadi TKI atau TKW lagi.. Ok ???

:)  :) 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: