Catatan harian si pengembara dalam samsara

Bohong


Bohong lawannya adalah jujur. Jujur lawannya adalah bohong. Kalo bohong adalah perbuatan yang tidak baik dan tidak disukai semua orang, kalo jujur adalahperbuatan baik dan sangat disukai semua orang. Bohong dan jujur ini ada dalam diri kita.. dan akan muncul sesuai dengan kebutuhan. Hihihihi… emangnya makanan ya !! Maksudnya, kalo kita lagi dalam kondisi baik-baik saja dan OK semuanya… kita lebih suka jujur daripada bohong. Tapi kalo kondisinya berbahaya, bisa bikin kita kehilangan segala-galanya.. maka bohong adalah pilihan utama kita. Setuju ??

Bohong dan jujur bisa terjadi dalam segala hal dalam semua bidang, dalam semua permasalahan. Urusan makanan, urusan baju, urusan pekerjaan, urusan pendidikan, urusan agama, urusan karir, urusan percintaan, urusan pekerjaan… urusan apa aja bisa muncul. Dan sebagai manusia yang selalu berprinsip, tak ada gading yang tak retak atau tak ada manusia yang tak luput dari kesalahan… biasanya kita juga akan selalu memaafkan orang yang telah berbohong kepada kita kecuali berbohongnya keterlaluan sampai kita gak mau lagi gaul ama tuh orang.

Bohong bisa dilakukan oleh sapa saja. Oleh adik, kakak, ibu, bapak, paman-bibi, guru, teman, sahabat, musuh, senior kita, supir, karyawan, bos, suami atau istri… sapa aja bisa berbohong dan dilakukan terhadap sapa saja.

Kenapa kita bisa bohong ? Karena iri kita bisa bohong. Karena ingin pamer, ingin nama, ingin pangkat, ingin kekuasaan kita bisa bohong. Karena ingin memiliki, karena ingin menguasai, karena ingin berjasa kita juga bisa bohong. Karena miskin karena kaya, karena cerdas karena bodoh kita juga bisa bohong. Jadi banyak sebabnya kenapa kita bisa bohong… plus bisa jujur.

Sebetulnya, semua orang lebih suka ama orang jujur. Kejujuran itu mahal harganya. Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya ! Tuh peribahasa ini udah mengatakan banyak hal. Jangan karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Hati-hati jangan sampai bohong. Cuma sekali doang bohong, eh ketauan ama orang… terus seumur hidup deh kita kgak dipercaya ama orang lain. Sedih bukan? Tragis !!!

Jadi… mari kita pegang komitmen diri yang kuat… jangan berbohong ! Sekecil apapun kebohongan, jangan pernah kita ucapkan. Kalo kgak bsa jawab, lebih baik DIAM. Silence is golden. Kalo kgak mau jujur, tapi juga kgak bisa bohong.. diam adalah satu-satunya pilihan kita !!!😀😀😀

Orang yang suka berbohong, selamanya tidak punya teman. Selamanya tidak akan dipercaya oleh orang lain. Selamanya tidak akan punya sahabat. Meskipun kejujuran kadang kala menyakitkan.. tetap pilih JUJUR aja ya… biar kita disayang banyak orang, biar kita dicintai banyak orang, biar kita dihormati banyak orang. Mari kita budayakan kebiasaan JUJUR !! Bukan untuk orang lain… tapi sebetulnya untuk diri kita sendiri !! Happy smile !!😀

Comments on: "Bohong" (1)

  1. setuju…
    klo ga ingin diboongi, jgn lah boongi org..
    sekali boong, walupun berikut nya jujur terus pun, tetap meragukan n mencurigakan..
    hahahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: