Catatan harian si pengembara dalam samsara

Air Mata


Siapa bilang air mata itu lambang kesedihan ? Hohoho… itu seh kata orang-orang yang hobinya nangis, yang hobinya meratap baru bilang air mata adalah lambang kesedihan. Padahal kalo kita teliti dan kita perhatikan lebih seksama, orang yang bener-bener sedih, bener-bener frustasi, bener-bener down… itu udah kgak bisa lagi keluar air mata. Jangankan air mata beneran, air mata buaya aja kgak nongol-nongol.. “D

Siapa bilang kalo mata mengeluarkan air mata itu pertanda penderitaan ? Buktinya, kok banyak orang yang berbahagia, yang bersuka cita menitikkan air mata karena terharu. Anak yang dibesarkannya sekarang sudah siap menikah di depan altar. Teman yang sudah lama tidak bertemu masih bisa mencarinya dan memberikan bingkisan sebagai ucapan terima kasih karena kita sudah pernah menolongnya puluhan tahun yang lalu. Atau mata yang buta tiba-tiba bisa melihat kembali.

Keajaiban-keajaiban yang menimbulkan rasa haru itu akan mengalirkan air mata. Dan air mata itu simbol apa ? Simbol perasaan yang tidak bisa dikendalikan. Simbol perasaan yang muncul secara spontan, sangat menyentuh hati dan tidak bisa diucapkan dengan kata-kata rasanya itu.

Kalo memang air mata itu simbol banyak hal… kenapa kita mesti malu untuk menangis ? Mengapa mesti risih dibilang si cengeng ? Mengapa mesti protes dibilang si sensi ? Mengapa mesti marah dibilang si perasa ?

Biarkan air mata mengalir bila ia harus mengalir. Cuma kita yang tahu, cuma kita yang mengerti.. mengapa air mata ini mengalir. Biarkan momen-momen yang terjadi menjadi milik kita saat ini. Tidak perlu mengutarakannya kepada orang lain. Tidak perlu menceritakannya kepada orang lain. Hanya air mata.. yang akan menemani kita sampai buku kehidupan ini berakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: