Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kenyataan dan harapan


“Harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Kenyataan tidak selalu sesuai harapan. Seseorang hanya mampu mengubah harapan. Ia tidak akan pernah mampu mengubah kenyataan. Harapan yang disesuaikan kenyataan mampu memberikan kebahagiaan.”

Kalimat-kalimat yang meneduhkan hati Riska. Riska ingin mengubah kenyataan. Baginya hidup adalah pilihan. Ia lari mengejar mimpinya. Ia lari mengejar hayalannya. Ia berjuang  mewujudkan segala mimpinya.Ia berjuang untuk mendapatkan segalanya. Ia tinggalkan keluarganya. Ia tinggalkan semua orang yang dikasihinya.  Namun sayang… mimpi adalah mimpi dan kenyataan adalah kenyataan.

Di saat lelah mengejar hayalan, di saat lelah mengejar bayangan.. Riska terheyak membaca kalimat-kalimat dari e-mail yang diterimanya pagi ini.

Riska pun sadar. Ia tidak akan mampu mengubah kenyataan. Ia yang harus berubah. Mengubah mimpinya. Mengubah hayalannya, agar selaras dengan kenyataan, agar sejalan dengen kebenaran.

Ia pun teringat kata-kata Pak Guru di sekolah 8 tahun yang lalu, “Pak, bolehkah saya bercita-cita ?” Pak Guru menjawab, “Boleh, Riska, boleh sekali. Kejarlah cita-citamu.. setinggi bintang langit.”

Sekarang ia sudah mengejar bintangnya. Tapi langit yang akan digapainya itu, tak kunjung tiba, tak kunjung sampai. Ia sudah lelah. Ia sudah capai. Ia sudah ingin berhenti.

Teringat satu cerita yang dibacanya, Anggulimala. Saat bertemu Hyang Buddha, Anggulimala heran mengapa ia masih juga tidak dapat mengejar Hyang Buddha. Jawaban dari Hyang Buddha, mengena di hati Riska saat ini. “Aku sudah berhenti sejak tadi… kamu yang terus berlari untuk mengejar.”

Riska tersenyum. Terimakasih, Buddha ! Aku pun harus berhenti. Aku pun harus seperti Anggulimala. Aku tidak mungkin mengubah dunia ! Aku tidak mungkin mengubah orang lain. Itu adalah kenyataan. Yang harus aku ubah adalah diriku sendiri. Aku harus mengubah harapanku. Aku harus mengubah mimpiku. Agar selaras, sejalan dengan kenyataan.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: