Catatan harian si pengembara dalam samsara

Borok


Borok itu apa ya ? itu lho luka yang keluar nanah dan berbau. Susah keringnya, udh gitu sakit rasanya dan kayanya jadi kgak praktis kalau kemana-kemana karena merusak pemandangan. Misalkan boroknya di kaki, jadi susah jalan. Kalau boroknya pantat, jadi susah duduk. Kalau boroknya di tangan, jadi susah main air.😀

Borok di badan beda dengan borok yang ada dalam batin kita. Tapi kedua borok ini mempunyai satu kesamaan. Apa itu ? Yaitu sama-sama merepotkan sama-sama mengesalkan, sama-sama menjijikkan dan yang jelas sama-sama menakutkan. Kalau borok di badan mau sembuh, kita bisa ke dokter kulit. Mungkin dioles salep, dikasih obat makan, atau mungkin dikeluarin nanahnya kalau ada.. dan berharap segera lekas sembuh dan jangan sampai kena borok lagi.

Kalau boroknya dalam batin kita ? Siapa yang harus kita cari ? Yang jelas kgak mungkin cari dokter, tabib atau dukun-dukun buat ngobatin luka batin kita. Yang harus kita cari adalah mereka yang ahli dan mampu menyembuhkan borok-borok batin. Borok-borok batin ini kgak kelihatan oleh mata. Mereka hidup dan berkembang subur di dalam batin. Mereka tidak pernah memunculkan dirinya yang sebenarnya. Mereka selalu muncul dalam wujud-wujud yang berbeda.

Borok-borok dalam batin ini muncul pada saat kita bertemu dengan suasana yang tidak menyenangkan, atau saat kita bertemu dengan orang-orang yang membuat kita sebal, benci dan marah. Borok-borok batin ini yang pasti muncul pada saat keserakahan, kebencian, dan kebodohan kita lagi berada dalam posisi *mode on*😀

Setiap orang pasti punya borok. Setiap makhluk pasti punya borok. Ada yang boroknya kecil dan tidak membesar serta tidak bernanah. Tapi ada juga borok yang sangat besar, bernanah dan bau. Mereka yang batinnya punya borok sangat besar, bernanah dan bau ini…. akhirnya bisa tercium oleh orang lain. Kenapa bisa tercium borok batinnya itu ?

Karena boroknya itu terlihat jelas oleh mata kita, pikiran kita, perasaan kita. Borok-borok yang besar ini mengganggu kehidupan, kesejahteraan dan kebahagiaan makhluk-makhluk lain. Borok-borok ini nyata terlihat dari ucapannya.. yang sering menyakiti orang lain. Mungkin memfitnah, mungkin mengumpat, mungkin memarahi dengan kasar, mungkin juga berteriak-teriak sendiri atau histeris.

Bila borok ini terlihat dari tindakannya… ia terlihat kasar, pemarah, matanya liat dan menakutkan, pikirannya tidak terkendali… dan banyak lagi yang anda bisa tahu dan bisa rasakan sendiri.

Borok -borok ini… kita bilang… “Oh.. dia lagi stres tuh… dari tadi marah-marah sendiri” atau “Tahu deh, lagi BT kale.. dari tadi uring-uringan melulu”, atau lagi “Jangan deket-deket lho.. ntar lu kena semprot.. kerjaan dia seharian ini cari gara-gara terus!”

Borok dalam diri saya… sedang saya obati, sedang saya olesi dengan salep, sedang saya sembuhkan dengan berbagai macam kesembuhan seperti latihan cinta kasih, latihan kebijaksanaan, latihan bertekad, latihan kesabaran, latihan semangat, latihan konsentrasi, dll. Supaya saya tidak merasakan sakit lagi, tidak menderita lagi, tidak mengalami depresi lagi.

Borok dalam diri anda…. apakah juga sedang diobati seperti saya ? Ataukah anda tidak tahu dan tidak sadar, kalau anda punya borok ???

Comments on: "Borok" (1)

  1. yenling lie said:

    Saya merasa saya punya borok..tp saya tdk bs menilai seberapa besar borok yg ada dalam batin saya🙂 namun akan saya coba slalu menyembuhkannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: