Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kecewa


Sapa ya yang ngajarin kita, dari kecil bisa marah-marah… bisa kecewa.. bisa ketawa terbahak-bahak ?? Kalo dipikir-pikir.. aneh juga.. kok kita bisa melototin orang waktu kecil kalo lagi kesel digodain kawan.. atau berantem ama teman karena rebutan mainan atau makanan…

Kalo makan… kita emang diajarin orang tua. Jalan juga… pake baju juga.. sikat gigi juga.. sisiran rambut.. pake jam tangan, pake sepatu, lipat selimut, berhitung, membaca.. makan.. semuanya diajarin ama orang lain. Tapi kembali ke pertanyaan awal… sapa ya yang ngajarin kita kecewa ?? Kok bisa-bisanya kecewa itu muncul padahal kgak ada yang ngajarin ?😀

Beberapa tahun yang lalu.. pas libur lebaran.. ada 3 orang anak muda yang datang bertemu dengan saya. Mereka membutuhkan bantuan.. dan di mana-mana semua orang menolak mereka. Alasannya.. libur lebaran.. semua vihara tidak ada pengurusnya.. semua sie sosial di gereja kgak ada di tempat. Dan saat ke tiga anak muda itu ketemu saya.. sama seperti di tempat-tempat lain.. saya pun menolak kehadiran mereka.. bahkan yang lebih parah lagi.. saya menolak untuk membantu mereka !!

Tiba-tiba salah seorang dari mereka berkata seperti ini…  “Sebetulnya apa seh sosial itu ? Kenapa di saat kami susah begini.. semua yayasan yang berpredikat sosial.. sama sekali tidak ada yang sosial ????”

Hati ini terasa tertusuk duri… hehehe.. kata lagu. Maksudnya, saya merasa tersindir.. tapi yang pasti saya merasa bersalah… dan rasa sesal timbul sehingga saya akhirnya menjawab, baik.. saya akan membantu kalian. Ternyata benar… mereka membutuhkan bantuan orang lain.. dan saya tidak dapat merasakan.. apa yang akan saya lakukan jika saat saya begitu membutuhkan orang lain… ternyata tak ada satupun yang mau membantu.

Demikianlah kecewa itu muncul.. dia muncul begitu saja.. seperti air hujan mengalir begitu saja ke dasar bumi.. seperti air mata mengalir begitu saja kalo kita lagi bersedih.. seperti air liur yang menetes begitu saja bila kita melihat makanan yang asam-asam.. seperti air di hidung yang meler jika kita makan yang pedas-pedas.

Iya… berapa persen orang-orang di bumi ini yang benar-benar sosial ? Benar-benar mau mengorbankan kepentingan dirinya sendiri demi kepentingan orang lain ? Benar-benar mau mengorbankan hartanya sendiri untuk kebahagiaan orang lain ? Benar-benar mengorbankan miliknya yang paling berharga untuk menolong nyawa orang lain ? Benar-benar membantu orang lain tanpa menghiraukan nama baik, waktu, tempat dan kedudukan ? Ada berapa persen dari dari kita ??

Kecewa yang dialami ketiga anak muda itu.. juga setiap saat bisa kita alami. Sebetulnya kita tidak boleh menyalahkan orang lain. Bila kita sendiri tidak pernah membantu orang lain.. apakah mungkin orang lain akan membantu kita ? Kalo kita tidak pernah berkorban.. apakah mungkin orang lain akan berkorban untuk kita ? Kalo kita tidak pernah memberikan sesuatu yang terbaik untuk orang lain.. apakah mungkin orang lain memberikan sesuatu yang terbaik untuk kita ? Kalo kita tidak pernah membela orang lain.. apakah mungkin orang lain akan membela kita ?

Sesuatu berasal dari diri sendiri.. segala peristiwa bersumber dari diri sendiri. Segala kejadian berawal dari diri sendiri.

Bila menghadapi kejadian yang mengewakan seperti itu… kita harusnya balik lagi bertanya pada diri sendiri.. sudah cukupkah saya berbagi dengan orang lain ??? Kalo belum… lha… ngapain pake acara KECEWA segala… hehehehe..

Comments on: "Kecewa" (2)

  1. dapat pencerahan setelah baca blog suhu..
    Thanks suhu atas pencerahan yang tlah diberikan ^_^

  2. ya saya jg ngerasain hal yg sama pas baca story ini.kdg disaat kt bersedih,kecewa kt sll mers kl di dunia ini cm kt yg nasibnya sll apes,jelek.sll dikecewain mulu sm org,sll disakitin trs sm org sampe titik ttt akhrny jalan yg diambil cm pasrah n nyerah sm nasib.akhrny menutup diri dr org lain.hy berkutat sm kegiatan rutinitas kt sehr2 dlm kurun wkt yg lm.akhrny yg ada kehdpan kt bnr2 jd madesu akibat ulah kt sndr.pdhl kunciny cm 1..pd saat kt menderita,kt lupa introspeksi diri cm bs liat keslhan org ln.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: