Catatan harian si pengembara dalam samsara


Para periset yang meneliti otak pendeta Tibet, menemukan meditasi dan berbagai ritual Tibetan lainnya dapat mengubah jalan neural. Hasilnya: kemampuan pembelajaran meningkat, rasa bahagia lebih besar 700% – 800% dibanding orang-orang pada umumnya. Menurut para ahli, kita juga bisa mendapatkan khasiat yang sama hanya dengan menggunakan satu atau lebih teknik sederhana berikut ini selama beberapa menit. Terdiri dari :

LATIHAN KESADARAN PENUH

     Para pendeta Tibet melakukan latihan yang disebut mindfulness, menyadari segala sesuatu yang ada di sekitar kita, tulis Yongey Mingyur Rinpoche dalam buku The Joy of Living. Dalam sebuah studi, para pekerja yang latihan mindfulness selama 40 menit sehari punya cerebral cortex, bagian otak yang bertanggung jawab dalam membuat keputusan, perhatian dan ingatan yang lebih tebal. Temuan ini bahkan lebih jelas pada meditator yang lebih tua. Cerebral Cortex cenderung menipis ketika usia menua. Jadi, mindfulness kemungkinan bukan hanya meningkatkan kekuatan pikiran, tapi juga membuat otak lebih muda.

DUDUK TEGAK

     Sebelum melakukan meditasi apapun, pendeta Tibet meluruskan punggung dengan duduk atau berdiri tegak dengan bahu ke belakang. Riset peraih hadiah Nobel menunjukkan, banyak energi otak yang berasal dari sumsum tulang belakang. Semakin baik postur anda, semakin efisien pembakaran neural tulang belakang, semakin banyak kekuatan otak yang dapat diakses.

CARA MELAKUKAN :

     Hanya dengan menarik bahu ke belakang ditemukan efektif meningkatkan aliran listrik ke otak yang perbedaannya seperti bohlam 60 watt dan 100 watt.

MEDITASI BELAS KASIH

     Para periset yang menstudi 13 master praktisi Buddhisme Tibetan menemukan sesuatu yang menakjubkan. Ketika para subyek melakukan meditasi belas kasih, aktivitas di bagian otak yang terkait dengan kebahagiaan dan empati meningkat sampai 800%. Hal ini bahkan bisa menyembuhkan. Menurut salah satu subyek, meditasi belas kasih membuat mereka dapat menaklukkan serangan panik masa kanak-kanak.

CARA MELAKUKAN:

     Pikirkan apa yang anda inginkan: kebahagiaan, akhir dari penderitaan dan lain-lain dan ingat, bahwa semua orang di dunia menginginkan hal yang sama.

BERSENANDUNG

     Ritual pendeta Asia – chant – membantu rileks dari fokus. Senandung sederhana bisa memberikan efek sana, dan bahkan meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan endorphin, menurunkan tekanan darah dari denyut jantung. Para periset menemukan, ketika kita bersenandung satu nada, senandung ini menggetarkan hypothalamus dan kelenjar pituitary yang letaknya jauh di dalam otak, menstimulir pelepasan hormon rasa senang dan menutup respon lari atau lawan yang mengganggu pemikiran rasional.

CARA MELAKUKAN:

     Pilih not yang paling anda sukai. Gunakan nada vokal seperti ah atau oh. Mulai dari nada tinggi dan bergerak ke bawah skala sampai menemukan nada yang membuat tubuh anda bergetar.

MENDENGARKAN BUNYI LONCENG

     Banyak doa Tibet yang dimulai dan diakhiri dengan bunyi lonceng yang disbeut tingsha, sepasang piring bulat kuningan yang diikat dengan tali. Menurut guru meditasi Steven Sashen, bel ini digunakan untuk menyegarkan dan membuka pikiran. Karena dibuat dengan tangan, kedua bel ini tidak sama. Jika saling dibenturkan, masing-masing piringan ini berada pada frekuensi yang agak beda. Studi-studi menunjukkan, mendengar frekuensi yang beda secara sekaligus, otat mencatat frekuensi yang sama dengan perbedaan antara keduanya. Kebanyakan tingsha beda 9-14 Hz. Frekuensi ini dikaitkan dengan relaksasi dan peningkatan kreativitas.

TERTAWA

     Selama 5.000 tahun, para pendeta Tibet tertawa keras sesudah bangun tidur karena merasa hal ini membuat mereka merasa lebih tenang dan lebih fokus. Ternyata mereka benar. Studi-studi baru menemukan, tertawa menghentikan 4 jenis hormon stres sambil memicu pelepasa endorphin yang meningkatkan kebahagiaan. Hal ini membantu merilekskan pembuluh-pembuluh kapiler di dalam kepala, yang lalu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, membuat otak dapat berpikir jernih.

CARA MELAKUKAN: 

     Anda tak perlu mendengar gurauan lucu untuk mendapatkan khasiat ini. Pada kenyataannya, studi-studi menunjukkan, hanya dengan pura-pura tertawa bisa memberikan hasil yang sama karena tubuh kita tak tahu, apakah anda benar-benar senang atau tidak. Tubuh hanya membaca petunjuk fisik tindakan tertawa.

TATAP SATU BENDA

     Para pendeta Tibet melakukan meditasi satu titik. Studi-studi menemukan, mengaktifkan frontal lube dari otak, area yang terkait dengan konsentrasi super dan waktu reaksi yang lebih cepat. Semakin sering seseorang meditasi, semakin bisa konsentrasi pada sesuatu tanpa usaha.

CARA MELAKUKAN:

     Tak perlu duduk berjam-jam untuk mendapatkan khasiat ini. Meditasi satu titik bisa dilakukan dengna fokus pada satu benda saat antri di depan kasir supermarket.

Sumber : AURA no. 38/TH.XIII Oktober 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: