Catatan harian si pengembara dalam samsara

PADANG 8 Oktober 2009


Dari bogor, jam 05.20 gua udh meluncur keluar vihara menuju bandara Soekarno Hatta karena kami, bersembilan orang, harus sudah berkumpul di sana pukul 06.30. Pagi-pagi tidak macet… tapi pikiran gua jalan-jalan mikir sendiri.. “Kaya apa ya suasana di sana ??” “Apa seperti di Aceh, bau mayat ??” “Apa seperti di Bantul, batu bata berserakan di mana-mana ??” Atau… kgak taulah… pikiran terus menari-nari karena cukup tegang juga ya, membayangkan gua ada di tempat terjadinya gempa besar ini..

Sampai Padang sekitar jam 09.30.. kami berkeliling kota.. melihat bangunan-bangunan yang rusak.. bangunan yang miring ke kiri, bangunan yang  hancur.. bangunan yang lantai satu nya hilang.. mobil-mobil yang ringsek, orang-orang yang terluka parah.. rumah sakit yang retak-retak.. para tentara yang bikin tenda besar banget buat ditidurin karena bangunan mereka roboh.. hotel-hotel yang pada hancur.. kantor-kantor, mall, dan bangunan keren yang luar bagus dalamnya pada jebol..

Wah… sebentar lagi Padang akan jadi kota WISATA GEMPA.. banyak orang yang sengaja naik motor, naik mobil kaya di Aceh gitu.. buat melihat sisa-sisa peninggalan “sejarah” gempa tgl 30 September 2009.. Hiks… padahal hari itu kejadian.. semua jalanan dipenuhi manusia-manusia, yang menangis, berteriak, yang kalut, yang sedih, stres, terluka.. ketakutan, kecemasan.. anak kecil, ibu, bapak, kakek, nenek, paman, bibi.. semua keluar untuk menyelamatkan diri… tapi di balik keresahan-keresahan itu.. masih juga ada tangan-tangan yang jahil.. yang mengambil harta milik orang lain.. Ooohhh..

Terdengar kembali lagu Ebiet, “Ini bukan hukuman.. ini hanya satu isyarat.. bahwa kita mesti banyak berbenah… ” Mari kita sama-sama berbenah hati, berbenah batin.. jangan jadi manusia serakah, jangan jadi manusia iri hati, jangan jadi manusia jahat.. mari kita saling berbagi, saling memberi.. saling melindungi… supaya kita semua terhindar dari semua bencana ini.. 

Rumah sakit

Rumah sakit, korban di Hotel Ambacang yang ditemukan masih hidup 2 hari yang lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: