Catatan harian si pengembara dalam samsara

Puasa


Kgak berasa.. sahabat-sahabat kita yang muslim sudah 2 minggu menjalankan puasanya.. Luar biasa kalo membayangkan bagaimana mereka bisa menahan lapar, haus dan emosi di siang hari bolong begitu. Bayangkan saja… saat matahari bersinar dengan teriknya mereka harus menahan haus.. wah… hebat.. hebat !! Gua acungin 10 jempol kalo jari gua jempol semua seh…🙂 Sungguh lho… serius…

Gua suka bilang ama orang… gua mendingan vegetarian kgak makan daging seumur hidup… gua lebih tahan kgak makan ayam, ikan, sea food.. atau sapi.. daripada gua kgak boleh minum seharian. Gua kuat kgak makan seharian… tapi kalo kgak boleh minum ?? Addduuuuhhhh… pelis deh… kgak sanggup banget banget banget… apalagi pas siang-siang begitu… mana udah kejemur matahari terus kgak boleh minum… gua pasti minta ijin deh ama Tuhan… “Tuhan… saya permisi pingsan dulu, ya ??? ”🙂

Gua nonton TVOne.. waktu ada ceramah dari salah satu kiayi terkenal… beliau bilang.. di dunia ini ada dua penyakit, penyakit batin dan penyakit jasmani. Penyakit batin ini..  penyebabnya adalah pelit, serakah, marah-marah, emosi tinggi, iri hati, egois, sombong, dll dll dll… sedangkan penyakit jasmani ini penyebabnya karena makanan, pola hidup yang salah, kurang tidur… dll juga.

Dan kita umat manusia, lebih perduli penyakit jasmani daripada penyakit batin padahal penyakit batin itu dampaknya bukan cuma sekarang aja.. tapi juga dampaknya akan terasa di dunia akhirat…. kita kgak punya teman, dijauhin teman, dimusuhin sahabat.. sedangkan penyakit jasmani ? Cuma sekarang aja kita rasakan akibatnya… badan sakit, jantung sakit, kepala sakit, tangan sakit, kaki sakit…

Dan.. saat di akhirat nanti.. nabi akan tanya ama orang yang sudah meninggal itu… kamu kenapa masuk ke akhirat ?? Jawabannya.. kgak ada yang gara-gara sakit jantung jadi masuk akhirat, kgak ada yang gara-gara kencing manis jadi masuk akhirat, kgak ada yang gara-gara kanker jadi masuk akhirat… semuanya pasti gara-gara penyakit batin.. selagi kita hidup jadi manusia.

So… walaupun ceramahnya ditujukan untuk sahabat-sahabat kita yang muslim… tapi gua merasa.. ini adalah bahan yang sangat baik, yang harus kita renungkan setiap saat walaupun kita bukan muslim.

Janganlah mengumbar hawa nafsu.. janganlah mengumbar kemarahan, janganlah mengumbar kebencian, janganlah mengumbar sifat-sifat egois.. tetapi sebaliknya, kita harus banyak beramal, menolong teman-teman kita yang susah.. entah itu lewat benda-benda materi, atau lewat bantuan tenaga.. ataupun lewat pikiran.

Selama itu untuk kebaikan diri kita sendiri.. di kehidupan sekarang dan di kehidupan berikutnya… kenapa kita tidak berusaha untuk menjadi orang yang baik.. yang berguna bagi keluarga, lingkungan dan negara.

Puasa… bukan hanya menahan lapar dan haus.. tapi puasa.. juga menambah kebajikan.. melatih berdana.. melatih sila.. melatih kesabaran, melatih cinta kasih, melatih semangat, melatih beramal, melatih kebijaksanaan, dan melatih konsentrasi…

Selamat menjalankan ibadah puasa, wahai sahabat-sahabat yang sedang berpuasa.. menaklukkan ribuan orang.. bukanlah disebut pemenang.. tetapi dia yang bisa menaklukkan dirinya sendiri… barulah disebut pemenang sejati…

Salam…

Comments on: "Puasa" (1)

  1. Eva Nurfatimah Alhidyaa S said:

    salute sama Suhu. Anda benar2 seorang suhu.

    walau sekarang sudah nggak bulan Ramadhan tapi kami, muslimin dan muslimat, merindukan ramadhan hadir setiap hari. seolah kami rela berpanas2 setiap hari,, tak minum saat matahari terbit sampai matahari terbenam. tapi jujur,,nggak semuanya begitu sih,. hehehheee…
    inti semuanya adalah ikhlas.

    you R a good friend, suhu..
    ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: