Catatan harian si pengembara dalam samsara

Perpisahan


Dia bilang, 5 tahun yang lalu dia sudah mengenal agama Buddha. Dia bilang, 5 tahun yang lalu dia sudah memutuskan untuk mengikuti ajaran Hyang Buddha. Dan hari ini, 5 tahun kemudian… dia ada di sini… untuk berbicara dengan keluarganya, untuk mengikuti pelatihan diri.. untuk mengenal lebih dekat dengan ajaran Hyang Guru.

Rasanya begitu berat saat pertama kali kaki menaiki tangga menuju altar untuk bernamaskara. Tetapi begitu sampai di atas… tak terbendung lagi air mata dia mengalir. Dia bilang, ada rasa haru menyelinap.. saat melihat rupang Buddha di altar utama. Dia bilang, ada rasa sedih, bahagia dan segala macam rasa yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.. sekarang dia benar-benar berada di bawah kaki Yang Dijunjung Dunia..

8 hari dia ada di tempat ini, sebelum akhirnya mengucapkan kata, bye2 kepada semua teman-teman sekamarnya, yang sudah mengajarkannya tentang kebersamaan dalam Buddhadharma. Kini dia harus kembali ke Austria, mendampingi suaminya tercinta.. dan entah kapan akan kembali ke Indonesia, berkumpul bersama lagi untuk melatih diri.

Air matanya mengalir… menetes perlahan-lahan… dia tidak sanggup meninggalkan tempat ini… tempat yang telah mengajarkan dia bagaimana mengenakan jubah yang rapi, tempat yang telah mengajarkan dia bagaimana dia harus duduk, berdiri, berjalan dan berbaring. Tempat di mana dia harus makan sehari dua kali.. dengan menggunakan sumpit dan kepala yang tidak boleh menengok ke kanan dan ke kiri.. tempat di mana dia merasakan tenang dan damai.. tempat di mana.. dia bisa berkumpul dengan Triratna yang dirindukannya.

Salam perpisahan sudah diucapkannya sejak siang tadi.. dan air mata itu kembali kulihat malam ini.. saat terakhir kalinya dia harus mengenakan jubah coklat itu. Meski berat hati.. hidup tetap harus berjalan. Selamat jalan, selamat berjumpa lagi dalam latihan mendatang.. bila kita berjodoh kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: