Catatan harian si pengembara dalam samsara


Aku tertunduk dengan mata berkaca-kaca sewaktu bapak menanyaiku dengan kata-katanya yang lembut namun begitu dalam. “Kamu sebenarnya mau apa, Nak ?” Hatiku teriris-iris mendengar suara Bapak. Bapak sudah memberiku banyak hal.. pendidikan, perhatian, pengertian, masa depan.. apalagi yang kurang ?? Tidak ada.. Tidak ada yang kurang, Bapak ! Semuanya sudah cukup.. bahkan semuanya sudah berlebihan buat aku, anakmu ini…

Kutinggalkan bapak yang duduk terhenyak di bangkunya.. aku tidak mau lagi menoleh.. hatiku sakit melihat bapakku duduk tidak berdaya seperti itu. Tapi masa depan harus kucari, masa depan harus kuraih.. aku ingin menjadi diriku sendiri… bukan bayang-bayang bapak. Kalo aku punya rumah.. itu adalah rumah hasil keringatku sendiri. Kalo aku punya mobil, itu adalah mobil hasil jerih payahku sendiri. Kalo aku bisa jalan-jalan ke luar negeri, itu adalah hasil dari tabunganku sendiri. Bukan pemberian dari bapak, dan bukan pula karena warisan dari bapak.

Berapa banyak orang sekampung datang mencari ku ke kota ini.. cuma untuk menyampaikan pesan dari bapakku.. Pulanglah, Nak… kamu tidak akan mampu hidup sendirian tanpa apa-apa di luar sana… Kamu jangan keras kepala.. dan kamu jangan bergerak tanpa aturan… kamu tidak akan berhasil. Kamu akan gagal..

Bapak… aku berharap aku tidak gagal… aku berharap AKU tidak gagal.. aku berharap aku tidak gagaaaallll….. aku menangis tersedu-sedu

Hari ini… sambil duduk menatap matahari terbenam.. aku merenungkan kembali pertanyaan bapak… “Kamu sebenarnya mau apa, Nak ?” Kembali hatiku teriris-iris saat teringat kembali kejadian hari itu, waktu aku menghadap bapak, meminta ijin agar aku diperbolehkan keluar dari rumah bapak untuk menghidupi diriku sendiri.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: