Catatan harian si pengembara dalam samsara


Saya sembahyang karena dari kecil orang tua saya sudah mengharuskan saya dan semua adik-adik saya bersembahyang setiap hari. Mengucapkan syukur atas berkah yang diperoleh pada saat ini… dan mengucapkan terima kasih atas semua rejeki yang telah diberikan saat ini.

Kamu ?? Kamu kenapa sembahyang ? Saya sembahyang karena teman saya bersembahyang. Mereka bilang, dengan sembahyang saya akan selamat, akan dijauhkan dari malapetaka, diberikan segala maca peruntungan, dikabulkan semua permintaan.. dan yang paling penting, saya ingin teman saya itu membalas cinta saya.. jadi saya rela mengikuti apa saja yang suka dia lakukan.

Dan kamu ? Kamu sembahyang jugakah ? Iya, saya sembahyang setahun 2x doang. Waktu awal tahun dan waktu mau tahun berakhir. Saya tidak punya waktu untuk pergi bersembahyang. Dan saya juga bingung, tidak tahu apa yang harus saya ucapkan waktu saya bersembahyang. Saya cuma melihat orang-orang menutup matanya, dan tidak mengucapkan sepatah katapun, saya mengikuti kebiasaan itu.. sama-sama menutup mata dan tidak mengucapkan apa-apa… tapi pikiran saya terus berpikir… mestinya ngomong apa seh sebetulnya ?

Hahaha… kalo kamu ? Oh saya sembahyang karena saya merasakan sembahyang itu penting banget. Sembahyang itu adalah makanan bathin, sedangkan nasi, roti, sayur, buah-buahan adalah makanan jasmani. Saya merasakan tanpa bathin yang sehat, hidup kita akan selalu terasa kurang. Karena itu saya menjadikan sembahyang itu kewajiban sehari-hari, supaya saya tidak lagi merasakan kekosongan-kekosongan dalam bathin saya.

Saya sendiri kenapa sembahyang ? Saya sembahyang karena saya adalah seorang rohaniwan. Kalo saya tidak bersembahyang… ngapain saya jadi rohaniwan ??? Hehehehe…. dan kalo saya berdagang.. itu artinya saya adalah pedagang… hahahaha (“.”)

Comments on: "Kenapa kamu sembahyang ?" (2)

  1. edited *rohaniwan menjadi rohaniwati

    regards

  2. hahahha..
    baru ajah tadi ngbahas napa u kebaktian, napa u doa blablabla.. nih cek blog suhu, eh ada yg mirip pembahasan g org td hehhe…

    miss u Suhu

Leave a Reply

