Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kesedihan gua


Orang-orang bilang… gua baik… kgak pernah ngomelin orang, kgak pernah marah-marah… kgak pernah bentak orang. Orang-orang bilang.. gua sabar.. kgak pernah ngelawan, kgak pernah membalas, kgak pernah menyahut. Orang-orang bilang, gua pendiam… gua kgak pernah ngobrol, gua kgak ikutan gosip, kgak ikutan acara hepi-hepi..

Orang-orang bilang, enak punya anak kaya gua.. enak punya murid kaya gua… enak punya teman gua…🙂

Tapi kenyataannya… orang tua gua ngeluh punya anak kaya gua.. guru-guru gua ngeluh punya murid kaya gua… kenalan-kenalan gua ngeluh punya teman kaya gua😦

Kenapa ?? Karena gua banyak diamnya… gua kgak pernah ngungkapin isi hati gua… akibatnya ? Orang-orang cuma menebak-nebak… apa yang sedang gua pikirin.. apa yang sedang gua renungin. Mereka beranggapan, gua tidak menghargai mereka… gua kurang mempercayai mereka.. gua kurang perduli dengan mereka.

Sebetulnya… gua sangat perduli ama orang tua gua… gua sangat perduli ama guru-guru gua.. gua sangat perduli ama semua teman-teman, saudara-saudara gua… Jujur gua ngomong… sampai hari ini… gua kgak punya sahabat… dan gua kgak pernah merasakan arti persahabatan.. yang tulus, yang saling membantu.. yang saling mengisi…

Gua selama ini gua temukan… adalah orang-orang yang bersaing mencari perhatian… yang bersaing mencari kedudukan.. yang bersaing mencari kekayaan… mereka mengaku sahabat gua, mereka mengaku teman gua, mereka mengaku saudara gua.. tapi bila saatnya itu tiba.. mereka mengeluarkan taringnya, mengaumkan jeritannya, meledakkan suaranya…

Sebenarnya… apa yang mereka katakan tentang gua  bahwa gua orang baik adalah bohong !!! Gua disebut baik karena gua gampang ditipu. Gua disebut baik karena gua gampang dikerjain. Gua disebut baik karena gua gampang dikambinghitamkan.

Inilah kesedihan gua yang terdalam… bahwa gua harus hidup di antara dua dunia… dunia kebaikan… dan dunia kejahatan yang berdempetan.

Leave a Reply

