Catatan harian si pengembara dalam samsara

Gagal


Beberapa hari yang lalu gua disuruh bikin artikel tentang kegagalan. Gua kgak mau bikin.. gua cuma kasih satu kalimat yang pernah gua baca dalam satu artikel.. (artikel apa dan judulnya apa.. maaf gua lupa.. so… i’m really sorry for the author ! )

Begini kalimatnya : “Kegagalan tidak akan menjadikan kita orang yang gagal.. Tetapi putus asa dan enggan mencobalah yang benar-benar membuat kita gagal.” Buat gua.. kalimat ini menggugah sanubari gua.. Gua juga pernah gagal.. dan gua juga pernah berpikir.. kenapa gua selalu gagal.. jadi kalo gua ada sampai hari ini.. dengan karya-karya gua.. itu semua karena gua tidak pernah putus asa dan selalu bangkit berdiri..

Masih ingat sebuah syair lagu.. judul ?? Kembali.. lupa.. Tapi kira-kira seperti ini.. “Semua karena cinta… dst.. dst.. dst.. ” Ya.. karena cinta.. gua bisa bangkit lagi berdiri.. karena cinta dari orang tua, cinta dari para guru, cinta dari para sahabat, kawan.. cinta dari masyarakat.. cinta dari semua orang yang gua kenal maupun yang tidak gua kenal.. yang bikin gua selalu ingin mencoba, selalu ingin bangkit berdiri.. dan tidak mengecewakan mereka !!

Gua ingat kata-kata yang selalu diucapkan salah satu guru gua : “Don’t give up.. You’re still young.. You have to practise.. Don’t worry”. Kalimat-kalimat yang diucapkan dengan dasar kasih sayang.. selalu akan membuat orang yang merasa gagal.. ingin bangkit berdiri dan berjuang untuk meraih keberhasilan..

So… setelah kita juga mengalami kegagalan kemudian menjadi orang yang sukses… mengapa kita tidak selalu berusaha mendukung orang lain agar tidak lagi merasakan gagal ?? Satu kalimat lagi yang mungkin pernah anda baca, “Kita lebih banyak memerlukan banyak mencoba dan gagal daripada mencoba lalu sukses…” So ?? What ?? Jangan takut jika mengalami kegagalan..🙂

Leave a Reply

