Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kupu-kupu


Kamu pernah liat kupu-kupu terbang ?? Gua pernah liat seh kupu-kupu terbang.. tapi kayanya gua lebih sering liat kupu-kupu nempel di tembok… nempel di lantai… nempel.. dan diam kgak bergerak… berjam-jam tidak bergerak…

Gua kadang-kadang bingung.. ngapain aja tuh si kupu-kupu di situ ?? Apa bagusnya tembok ?? Terbang ke sana kemari bukannya lebih enak ?? Kgak tau lah… kgak ngerti…hari ini di situ.. besok masih juga di situ… aneh ya !!

Tapi gua renungin lagi… hidup gua pun sama kaya kupu-kupu yang nempel di tembok… jelas tau ada yang lebih membahagiakan di luar sana… tapi gua terus nempel di tembok ini… tembok derita.. tembok kelahiran dan kematian yang berulang-ulang.. tembok dukkha yang selalu terbakar api.. tembok penjara kebodohan bathin… kenapa gua tidak pernah berusaha untuk terbang dengan bebas dan menjauh dari segala macam belenggu penderitaan ini ??

Leave a Reply

