Catatan harian si pengembara dalam samsara

Waktu


Inget lagunya Samson ? Haha.. tapi ini kgak ada hubungan ama lagunya Samsom. Beda.. beda jauh. Di sini aku mau kasih tau, mau ingetin lagi, mau bener-bener menyatakan.. bahwa waktu itu sangat berharga. Jadi jangan sia-siakan waktu !! Waktu yang terus berjalan.. kgak mungkin balik lagi walaupun anda punya uang 20 M.. so… Hargailah Waktu !!

Silakan deh nonton film nya Liu De Hua : ” Wait till i’m getting older ” . Bagus banget tuh film… waktu kgak nunggu kita.. dia terus berjalan.. mau anda bengong.. mau sedih, mau ketawa, mau sendiri, mau rame-rame, mau tidur, mau naik mobil.. dalam posisi apa juga, kondisi apa juga, suasana apa juga.. waktu itu terus berjalan.. tidak perduli ama orang kaya atau miskin, cacad atau kgak… jalan terus…berputar dan terus berputar !!

Kalo sudah tau waktu itu sangat berharga.. coba belajar in time kalo janji ama orang… bukan cuma on time lho.. tapi in time. Kalo janji jam 7 malam, 5 menit sebelumnya udah hadir. Kalo janji jam 5 sore… jangan jadi jam 8 malam datangnya… tapi jam lima kurang lima menit udah di tempat. Terus kalo janji dijemput jam 3 sore… jam tiga kurang lima menit anda udah harus siap dandan.. jangan baru mulai menuju kamar dan siap-siap ganti baju.

Aku seh kalo ketemu orang begitu… satu kali dimaafin.. kedua kali.. dimaklumin.. ketiga.. aku mulai cuekin… ke empat kali… maaf deh.. aku tinggalin.. dan tiada maaf lagi deh.. alias kgak mau janjian lagi.. kalo pun janjian lagi…. hikhikhik…. kalo bisa seh kgak mau janjian lagi deh.. kapok !!!

Aku seh kalo udah janji ama orang.. ternyata kgak bisa nepati janji.. aku buru-buru kasih kabar lewat telp atau sms.. yang pasti beberapa hari sebelum hari H. Ada orang yang kgak bisa nepati janji.. terus kgak ngasih kabar.. wah, nyebelin deh orang begini.. atau hari ini acara.. satu jam lagi baru ngebatalin janji… keterlaluan deh orang-orang begini… aku seh kgak mau. Aku tetap mengusahakn untuk memberi kabar.. minimal satu hari sebelumnya.

Coba anda bayangkan kalo anda bos besar… kalo dihitung dengan uang.. berapa harganya satu menit ?? Wah bisa 5 juta.. bisa 1M.. bisa juga cuma puluhan ribu kalo para guru les. Atau ribuan doang buat karyawan-karyawan. Misalkan telat masuk kantor… uang makan 15 ribu jadi hilang.. 15 ribu lho.. telatnya cuma 5 menit atau 15 menit tapi uang makan sudah hilang.

Anda bayangkan deh… anda janjian ama orang… terus anda lelet.. kgak tepat waktu.. teman anda itu sudah kehilangan berapa banyak uang makan kalo tiap hari telat gara-gara anda ?? Tega deh… Pasti deh lama-lama kgak ada orang yang percaya anda lagi.. karena anda kgak bisa tepat waktu.. bilang  jam 5 malah jam 7. Terus pasti deh kehilangan teman-teman.. abis anda kgak menghargai waktunya teman-teman. Dan yang paling parah.. pasti anda kgak akan jadi orang berhasil… karena anda tidak menghargai waktu !!!

Oleh karena itu teman-teman… ubahlah gaya hidup anda. Hidup di dunia kan bukan baru setahun dua tahun.. tapi sudah lebih dari sepuluh tahun. Masa masih tidak mau mengubah diri dan belajar menghargai waktu ?? Kalo anda tidak bisa menghargai waktu.. ya udah deh gak apa…  tapi anda harus bisa menghargai waktunya orang lain… supaya anda punya banyak teman dan dipercaya oleh semua orang.. Menghargai waktu kan sama juga pelatihan diri. )

Jadi… menghargai orang lain sama dengan menghargai diri sendiri. Menghargai waktu orang lain artinya menghargai waktu diri sendiri. Jangan bangga dan berbesar hati karena menjadi orang yang tidak tepat janji. Anda keliru kalo begitu !! Waktu tidak pernah menunggu anda… jangan kecewakan orang-orang di sekeliling anda dengan ketidakpastian anda…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: