Catatan harian si pengembara dalam samsara

Tujuan Hidup


Dulu… duluuuu banget… kapan ya ??? Yaa.. kira-kira 20 tahun yang lalu.. aku pernah tanya ke beberapa orang suhu… “Tujuan hidup suhu apa seh ?” Pertanyaan ini muncul karena ada frater (calon pastoor) yang tanya ama kita-kita waktu masih SD: Apa seh tujuan hidup kalian ??

Pertanyaan yang sama aku lontarkan kemarin malam waktu ceramah di TB. Tahu-tahu si Oom waktu di mobil tanya aku lagi, “Suhu… sebenarnya tujuan hidup kita itu apa seh ? Saya baru sadar.. saya kgak punya tujuan hidup. Saya cuma jalanin kehidupan aja… dan teman-teman yang saya kenal pun sama seperti saya.. jadi saya harus gimana ya ?”

Mencari tujuan hidup artinya mencari jati diri sendiri. Tujuan hidup biasanya dicari lewat agama. Nah… kalo udah ketemu tujuan hidupnya, mereka pasti menemukan agamanya, menemukan keyakinannya, menemukan juga kebahagiaannya. Jadi… kalo sudah bulat hatinya, orang-orang ini kgak mungkin pindah agama lagi karena sudah jelas tujuan hidupnya.

Tapiii… ada juga sebagian orang.. sudah punya agama tapi tetap kgak jelas tujuan hidupnya. Nah, untuk orang-orang seperti ini.. kgak usah takut dan cemas karena kgak punya tujuan hidup. Yang penting sekarang, jangan jadi orang jahat, bertekad jadi orang baik.. dan jagalah ucapan, pikiran ama perbuatan supaya tidak lagi merugikan orang lain. Tidak merugikan orang lain artinya tidak merugikan diri sendiri.

Jadi… jangan repot-repot mencari tujuan hidup. Kalopun terpikir mau cari tujuan hidup.. jangan sambil menghayal nyarinya.. tapi.. sambil melakukan aktifitas-aktifitas hidup sehari-hari. Pasti deh suatu saat ketemu.. tujuan hidup kalian itu apa. Yang pasti.. semua orang menginginkan kebahagiaan. Nah, kebahagiaan seperti apa yang mau anda raih ?? Jawabannya ada di agama anda masing-masing…

Leave a Reply

