Catatan harian si pengembara dalam samsara

Teman Baik


Beberapa kriteria teman yang baik adalah sebagai berikut. Ia tidak mengajak kita keliaran di saat yang tidak tepat. Alias.. orang tidur dia baru ngajak keluar dan pulang setelah matahari terbit terus tidur. Teman begini namanya bukan teman yang baik. Jauhin aja lah.. kgak usah takut !!

Teman yang baik akan selalu menolong kita saat kita dalam kesulitan. Ini artinya ia tidak akan menjauhi kita saat kita punya masalah seperti kantong kering atau lagi stres, tapi ia akan berusaha melindungi, menjaga dan menasihati kita takut kita itu salah jalan. Jadi kalo ada teman yang menghampiri kita saat kita happy, saat kita punya banyak duit dan menjauhi kita saat kita susah.. itu namanya bukan teman yang baik. Ok ?

Teman yang baik.. dia tidak akan membocorkan rahasia kita kepada orang lain, apalagi kepada orang yang baru dikenalnya. Maksudnya di sini adalah bahwa teman yang baik selalu menjaga rahasia-rahasia kita. Dia tidak mungkin membocorkannya kepada orang lain. Kalo sampai dia membocorkannya kepada orang yang baru dikenalnya… nah kita harus hati-hati lah… teman atau “TEMAN” ? )

Teman yang baik.. saat kita tersesat dia akan menunjukkan jalan yang benar. Jadi kita-kita neh kalo lagi salah jalan.. terus dinasihatin teman… coba deh berterima kasih ama teman ini. Karena dia telah menunjukkan jalan yang benar pada kita. Karena dia tidak ingin kita itu terjebak dan kemudian tergelincir ke dalam satu masalah pelik.. yang akhirnya bisa menimbulkan sesal besok lusa.

Jadi… kalo kita pengen punya teman baik.. kita sendiri yang harus jadi teman yang baik untuk orang lain.. baru orang lain bisa menjadi teman yang baik buat kita. Dan satu lagi harus diingat… baik untuk kita.. belum tentu baik buat buat dia. Jadi… kembali pada rumus.. kalo ingin menolong orang, harus ada cinta kasih dan kebijaksanaan. Keduanya harus digabung.. kalo kgak digabung… yaaa.. itu namanya sama dengan bohong.. malah menghancurkan.

Terus sebelum nasihatin orang… ngaca dulu… kita punya kelakuan udah bener belum.. kalo kelakuan juga kgak bener.. ya gimana yaaa… nasihatin orang juga jadi cape hati… karena jelas dia kgak mau dengerin omongan kita. So… belajarlah jadi orang yang bener-bener baik ya dari sekarang !!! )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: