Catatan harian si pengembara dalam samsara

Sifat-sifat Orang


Tiap orang itu sifatnya beda-beda. Yang pasti sama adalah sama-sama punya keserakahan, sama-sama punya kebencian, sama-sama punya kebodohan bathin. Nah tiga hal yang sama ini… saat bertemu dengan karma masing-masing, jadi berubah wujud. Makanya dibilang, rambut boleh sama hitam, tapi hati orang sapa yang tahu. )

Ada yang sabar, ada yang rendah hati, ada yang ulet, ada yang giat, ada yang pemaaf, ada yang perduli, ada yang cekatan, ada yang gesit, ada yang pintar, ada yang bijaksana, ada yang adil, ada yang senang nyumbang, ada yang senang bantu orang, ada yang senang debat ama orang, ada yang senang melucu, ada yang senang tertawa, ada yang senang marah-marah, ada yang senang ngomel-ngomel, ada yang senang gosip, ada yang senang cari sensasi, ada yang senang bohongin orang, ada yang munafik, ada yang sok suci, de el el..

Ada yang pemarah, ada yang boros, ada yang malas, ada yang keras kepala, ada yang sombong, ada yang suka membanggakan dirinya sendiri, ada yang suka ikut campur urusan orang, ada yang bawel, ada yang kgak tahu diri, ada yang bodoh, ada yang kasar, ada yang pelit, ada yang seneng tidur, ada yang seneng makan, ada yang suka bocorin rahasia orang, ada yang seneng gosip, ada yang seneng nyalahin orang, ada yang kgak mau disalahin..

Wah.. kayanya sifat yang baik ama yang buruk.. lebih mudah nyebut yang buruknya. Lebih banyak contoh yang buruk daripada contoh yang baik. Haha.. Zuo Ren Nan.. Nan Zuo Ren.. Utk jadi orang itu susah.. tapi menjalankan kehidupan jadi orang juga susah.. Itu lah maksudnya.

Sifat-sifat buruk jelas lah harus diubah. Yang keras kepala, yang kgak mau ngalah, yang mau menang sendiri, yang egois, yang seneng ngatur orang, yang seneng ngerepotin orang… coba belajar dari sekarang.. menyadari setiap bentuk-bentuk pikiran yang muncul.

‘ O… saya lagi rakus… ‘ ‘ O.. saya lagi dendam..’ ‘ O.. saya lagi kecewa.. ‘ ‘ O.. saya lagi kesel.. ‘ ‘O saya lagi bahagia.. ‘ ‘ O saya lagi… lagi.. lagi.. ‘.. apa gunanya seh ?? supaya kita bisa belajar mengenali sifat diri sendiri. Yang buruk diperbaiki.. yang baik ditambah kualitasnya.. biar jadi orang yang sempurna.

Jangan memperhatikan kesalahan orang lain.. itu cuma ngabisin waktu aja. Lebih baik perhatikan kesalahan diri sendiri. Cuma diri sendiri yang bisa nolong diri sendiri. So… jangan jadi orang Ke Po yaaaa… (suka ikut campur urusan orang lain.. padahal kgak diminta).. beda lho ama ringan tangan… )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: