Catatan harian si pengembara dalam samsara

Setiap Pagi


Setiap pagi… setelah bangun dan membersihkan badan… segeralah duduk dengan tangan bersikap anjali. Bacalah sutra atau mantra.. atau melafal nama Buddha.. bila masih ada waktu.. duduklah bermeditasi.

Tenangkan bathin.. duduk dengan tenang.. pekerjaan anda hanyalah bernafas. Tinggalkan segala rutinitas.. tinggalkan segala hayalan, pikiran kacau, masalah dalam pekerjaan, dalam rumah tangga. Ingat… yang harus anda lakukan adalah menyadari kalo anda sedang bernafas.

Jangan hanyut oleh pikiran masa lalu.. atau hayalan atau rencana di masa yang akan datang. Semuanya sudah berlalu.. dan semuanya belum terjadi.

Duduk 10-15 menit setiap pagi, akan membuat badan dan bathin anda rileks. Anda siap pergi ke kantor atau sekolah.. dengan bathin yang penuh… seperti HP yang baru di charge 100%. Tenang… tenang… tenang…

Bertekadlah… untuk berbuat kebajikan sebanyak-banyaknya setiap hari. Tidak menyimpan kebencian, kemarahan, dendam, cemburu, iri hati, ketidaksabaran, dll.. dll… buang semua sampah yang tidak perlu itu. Yang anda harus miliki adalah bathin… yang jauh dari sampah. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: