Catatan harian si pengembara dalam samsara

Pindah Agama


Friends… Gua kasih tahu kalian deh ya… jangan gara-gara kebentur masalah seperti uang, beras, susu, penyakit dan terutama pacar.. terus kita pindah agama. sungguh jangan deh… beneran !!

Agama adalah untuk mengatur bathin kita supaya tidak kacau. Dengan ajaran agama, bathin kita menjadi terkendali. Dari yang kasar berubah menjadi halus. Dari yang pelit berubah menjadi suka memberi. Dari yang suka menyiksa, menyakiti, membunuh berubah menjadi penyayang, pencinta dan pelindung. Dari yang suka memfitnah, berbohong, bergosip, berbicara kasar berubah menjadi orang yang bisa dipercaya, ucapannya terkendali dan penyabar.

Agama adalah pilihan kita sendiri, bukan karena turunan atau karena paksaan. Memilih agama Buddha artinya memilih kehidupan sesuai dengan Buddhadharma. Agama Buddha bukan agama yang pesimis. Shakyamuni Buddha mengungkapkan suatu realita kehidupan bahwa setiap orang akan mengalami kelahiran, usia tua, penyakit dan kematian. Setiap orang juga akan mengalami tiga hal lainnya, yaitu berkumpul dengan yang dibenci, berpisah dengan yang dicinta dan tidak tercapai keinginan.

Buddhadharma tidak menakut-nakuti kita dengan hukum karma. Lord Buddha mengajarkan, jangan berbuat kejahatan, perbanyak kebajikan, sucikan hati dan pikiran. Bila kita berbuat jahat, lewat ucapan, pikiran dan perbuatan maka kita akan menerima balasan yang setimpal dari ucapan, pikiran dan perbuatan. Bila kita berbuat baik lewat ucapan, pikiran dan perbuatan maka kita akan menerima balasan yang setimpal lewat ucapan, pikiran dan perbuatan.

Tidak ada yang harus ditakuti dalam agama Buddha. Hukum karma sendiri adalah hukum alam, hukum yang berlaku universal, tidak membedakan suku bangsa, ras bangsa atau agama apapun juga.

Pelajari Buddhadharma sedalam-dalamnya. Maka kalian akan menemukan bahwa Dharma itu indah pada awalnya, indah pada pertengahannya, dan indah pada akhirnya. Apapun pertanyaan kalian, akan terjawab dengan dharma. Tidak percaya ?? Kgak apa.. Buddha sudah mengatakan kita untuk Ehipassiko kok )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: