Catatan harian si pengembara dalam samsara

Panik


Kamu pernah panik ? Gua seh kayanya belum pernah panik sampai gimana. Mungkin karena gua selalu mikir, gimana ntar lah… bodoh amat orang mau ngomongin apa tentang gua. Akibatnya ya pasti ada  lah. Gua kgak pernah ngalamin panik.. dan gua jadi dicap orang cuek )

Panik. Gua pernah denger, kalo orang panik… jadi bingung mau ngapain. Misalnya ada kebakaran. Atau ketemu orang jahat. Atau ketemu hantu… atau ketemu bos saat kita lagi kerja ngurusin yang kgak-kgak… paniknya langsung keluar deh… mondar-mandir kale ya…?? atau buru-buru lempar buku ?? Atau lari terbirit-birit??

Kgak tau deh… kgak ngerti. Cuma kalo kalian sering panik… coba tarik nafas dalam-dalam… hitung sampai sepuluh. Rilekskan dulu pikiran dan tubuh. Udah bener-bener rileks.. baru kita tahu, kita mesti mengambil tindakan apa saat kepanikan itu melanda kita.

Satu lagi tips yang paling berharga… dalam keseharian, dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari… coba dilatih dari sekarang, untuk selalu sadar dan waspada. Terus tiap pagi… lakukan meditasi.. atau melafal nama Buddha. Untuk melatih konsentrasi. Supaya saat panik itu muncul… kita langsung bisa menguasai diri. Ok ???

Leave a Reply

