Catatan harian si pengembara dalam samsara

Menyesal


Apakah kamu pernah mendengar kata menyesal diucapkan oleh sahabat kamu ? Apakah kamu pernah mendengar orang tua kamu menyebut kata ‘menyesal’ ? Apakah kamu sering mendengar anak-anak remaja berbicara tentang rasa sesal mereka ? Apakah kamu sendiri pernah mengucapkan kata menyesal ?

Orang yang mengatakan ‘menyesal’.. artinya ia tidak bahagia dengan kehidupan yang sedang dijalaninya sekarang. Ia terus mengingat masa lalunya.. ia melekat pada keputusannya yang salah sehingga ia menjadi korban perasaannya sendiri.. kemudian MENYESAL !!

Sebetulnya, setiap orang pernah menyesali pilihannya. Sebetulnya, setiap orang pernah mengalami kegagalan dalam kehidupannya. Kalo kita semua pernah mengalami kegagalan dan menyesal dengan pilihan saat ini yang keliru.. mengapa bisa bermunculan orang-orang yang sukses ??

Waktu telah berlalu dan masa lalu tidak akan pernah kembali. Waktu tidak pernah menunggu kita… ia terus berjalan dan bergeser sesuai dengan iramanya. Daripada terus-menerus mengingat kesalahan di masa lalu yang menyebabkan penyesalan.. sebaiknya, kita hadapi hidup kita saat ini dengan do our best ! Karena dengan menyesal, kita tetap tidak mampu mengembalikan masa lalu kita.

Marilah kita jadikan penyesalan ini sebagai cambuk untuk berhati-hati dengan ranjau-ranjau kehidupan. Agar kita tidak lagi salah pilih, sehingga tidak memunculkan penyesalan-penyesalan yang baru ! )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: