Catatan harian si pengembara dalam samsara

Mengeluh


Banyak artikel yang dikirim via email… yang isinya bilang kita kgak boleh mengeluh.

Tapi biarpun artikel-artikel seperti itu banyak beredar di masyarakat.. gua tetap menemukan banyak sekali orang yang masih mengeluh.

Mengeluh karena kakinya sudah lama berobat tapi tidak sembuh-sembuh, mengeluh karena istrinya lebih rajin ke vihara daripada mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengeluh karena anaknya sering pulang malam, mengeluh karena tidak ada perhatian dari bos.

Mengeluh karena orang tua ribut melulu di rumah, mengeluh karena pembantu yang malas, mengeluh karena banyak hal.. banyak hal.. dan banyak hal.

Seharusnya kita kgak boleh mengeluh.. karena kalo kita mendapatkan sesuatu yang buruk, yang jauh dari harapan kita… itu artinya kita punya kebajikan atau karma baik masih sangat kurang.

Jadi yang harus kita lakukan bukanlah mengeluh.. melainkan menambah kebajikan sebanyak-banyaknya. Agar yang buruk menjadi baik, agar yang sakit menjadi sembuh, agar yang terluka menemukan obatnya, agar yang kehilangan menemukan sesuatu…

Kalo sudah berbuat banyak kebajikan masih belum baik juga… artinya, kebajikan yang kita lakukan masih sangat-sangat-sangat kurang.. Jadi, jangan pernah bosan menambah kebajikan supaya kita mempunyai kehidupan yang sangat-sangat bahagia. Tercapai apa yang diinginkan, terkabul apa yang diharapkan.

Sebenarnya, berbuat baik untuk orang lain itu artinya menolong diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: