Catatan harian si pengembara dalam samsara

Mengapa Beragama Buddha ??


Neh ada pertanyaan dari Ciang… “Kalau tanpa beragama tapi kita isa berbuat baik dan dapat menjaga pikiran dan perbuatan …apakah agama itu masih penting bagi seseorang? Dan satu lagi suhu….mengapa saya beragama budha??mgkn pertanyaanya ini sering sekali di lontarkan ke suhu beberapa kali….tapi saya mohon penjelasan suhu yah ..”

Pertanyaan pertama dulu..Kalau tanpa beragama tapi kita isa berbuat baik dan dapat menjaga pikiran dan perbuatan …apakah agama itu masih penting bagi seseorang?

Tetap agama itu penting kalo mau tinggal di Indonesia. ) Kenapa ? Pancasila… satu.. Ketuhanan Yang Maha Esa… Nah lho.. sila pertama aja udah langsung kasih tahu.. kalo warga negara Indonesia harus punya agama. Hehehe… 

Menurut saya lho gini… Kalo tanpa beragama kita bisa menjaga pikiran, perbuatan dan ucapan… kenapa kgak ?? 2550 tahun yang lalu.. apa ada agama Kristen ? Islam ?? Katolik ?? Hindu ?? Buddha ?? Kgak ada kan ??

Buddhisme sendiri kan sebetulnya bukan agama.. tapi satu falsafah hidup, satu pandangan hidup. Buddhadharma yang diajarkan oleh Lord Buddha… seperti hukum Karma, hukum 12 Mata Rantai, dsb.. itu kan bukan ilmu yang baru.. tapi memang sudah ada di alam semesta.. cuma kgak ada yang sadar.. kgak ada yang tahu. Jadi karena Buddha sudah memperoleh Pengetahuan Sempurna maka Beliau mengungkapkan hal-hal yang ada di alam semesta ini kepada manusia… dan waktu mengungkapkannya pun tanpa rahasia… semua dibabarkan dengan terperinci. Ada orang yang percaya.. ada juga yang tidak percaya. Tapi Buddha sendiri nyuruh kita Ehipassiko.

Kalo ada orang tidak punya agama tapi bisa menjaga pikiran, ucapan dan perbuatannya… ini luar biasa !! Kebajikan orang ini besar sekali sampai bener-bener bisa menjaga pikirannya sendiri. Ini yang paling susah. Buddha waktu itu kan tidak bilang beragama Buddha.. siswa-siswa pertamanya pun tidak mengaku beragama Buddha.. mereka cuma bilang.. Aku berlindung pada Buddha dan Dharma. Setelah ada Sangha.. baru ditambah.. Aku berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha.

Sekarang aja masyarakat menyebut agama Buddha… untuk mempermudah.. bahwa kita ini pengikut dari Buddha. Kenapa bisa mengikuti Buddha ?? Karena apa yang diungkapkan oleh Buddha.. sudah kita buktikan sendiri.. artinya sesuai dengan kenyataan.. ada kelahiran pasti ada kematian.. ada pertemuan pasti ada perpisahan, ada tawa pasti ada tangis.. bahkan Lord Buddha ngasih tahu.. ada Jalan Menuju Kebahagiaan Nibbana.. yaitu kebahagiaan yang tanpa syarat..

Karena ada Kebahagiaan yang tanpa syarat itu.. maka manusia-manusia beramai-ramai mengikuti jejak Lord Buddha.. supaya tidak terlahir lagi dan tidak lagi mengalami kematian. Mereka memanfaatkan tubuh jasmani dalam kelahiran sekarang sebaik-baiknya.. menjaga pikiran nya.. supaya tidak terlahir lagi. Nah.. manusia-manusia ini menyebut diri mereka sendiri adalah manusia yang beragama Buddha.

Kenapa Saya beragama Buddha ?? Karena saya percaya dan yakin dengan apa yang dikatakan oleh Lord Buddha tentang alam semesta ini. Demikian pula dengan orang-orang yang mengakui dirinya beragama Buddha.. mereka yakin dan percaya dengan apa yang dikatakan oleh Lord Buddha. Bahkan bukan cuma yakin dan percaya.. mereka juga berusaha mempraktekkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi.. kenapa seseorang beragama A ? Karena dia yakin dan percaya dengan apa yang diuraikan oleh si A.. kalo tidak percaya.. ya pasti dia pindah agama. Betul ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: