Catatan harian si pengembara dalam samsara

Masalah ??


Lu punya masalah ?? Gua punya masalah juga. Gua dengerin curhat orang-orang kalo lagi nyantai… sama aja.. semua orang ternyata punya masalah.

Tapi… kok ada yang keliatannya santai-santai aja ya ?? Ada juga yang keliatan banget kalo dia itu lagi stres, lagi BT, lagi sedih, lagi… kgak tau lah lagi apa !! )

Kan udah diajarin.. kalo ketemu masalah kecil… dibikin hilang masalahnya. Kalo ketemu masalah besar… dibikin kecil… kecil.. keciiiill…. sampai akhirnya hilang masalahnya. Kalo masih kgak bisa juga hilang ?? Malah tambah lama tambah besar ??? Nah ini dia… bathin anda harus dibuat selapang mungkin. Supaya bisa menampung semua masalah..

Masalah-masalah itu sama seperti sampah.. cuma ditampungnya di pikiran kita, di bathin kita. Nah kalo udah tau masalah itu adalah sampah.. ngapain.. digotong-gotong kemana-mana?? Pergi makan, dibawa.. tidur, diajak.. naik mobil.. ikut, buang air… ngekor ! Cape kaleeeee…. )

Sampah itu kan bisa bau, bisa busuk, bisa bawa penyakit. Nah masalah-masalah kalo kita simpan terus.. juga bisa bau, bisa busuk, bisa bawa penyakit. Jadi 3 akar racun deh dalam diri kita: kemarahan, kebencian, dan kebodohan bathin. Mau punya racun dalam bathin ??

Orang bijak akan memanfaatkan sampah menjadi pupuk. Kita pun harus menjadi orang bijak. Memanfaat sampah menjadi pupuk… memanfaatkan masalah menjadi sumber kebahagiaan. Ingat-ingat yaaa… adanya benturan-benturan… itu membuat kita semakin dewasa lho !!! (Harusnya !! ) )

Makin banyak penderitaan yang kita alami.. makin besar kesempatan kita meraih kebahagiaan. Bahkan kebahagiaan yang tidak terduga juga bisa muncul lho… So…. Let’s say :SAPA TAKUT ??!?? pada semua masalah… )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: