Catatan harian si pengembara dalam samsara

Mama… Aku Sudah Dewasa


Gua baca di koran beberapa minggu yang lalu. Intinya: sangat sedikit anak yang meraih mimpi masa kecilnya.. 80% hidup menuruti keinginan orang tuanya.

Gua mengangguk-anggukkan kepala waktu baca artikel tersebut. Kenapa ?? Karena gua sangat setuju !! ) Hehehehe…

Ada kakek umur 60 tahun curhat ama adik perempuannya yang umurnya 50 tahunan. Kakek bilang, “Gua udah kgak tahan hidup serumah ama mama !” Mamanya ini umurnya baru 85 tahun, masih muda dan masih segar. Adiknya jadi pusing.. karena si mama pun curhat : “Gua udah kgak tahan hidup sama koko lu… gua udah pusing ama tingkah nya dia !!”

Si adik nyari gua.. mau tanya jalan keluarnya. Terakhir gua baru ngerti. Kokonya bilang, “Gua mesti gimana lagi sama mama ?? Gua kan udah umur 60.. gua bukan anak kecil lagi.. gua udah punya cucu.. mama kok anggap gua anak kecil terus ? Gua harus begini… gua harus begitu… gua kgak tahan deh !!” (

Kemarin, satu anak muda bilang ke mamanya depan gua : “Maaa…. jangan anggap gua anak kecil melulu dong… gua kan udah besar.. kasih gua kepercayaan… kasih gua kebebasan buat milih jalan hidup gua sendiri…gua kgak mau diatur-atur melulu kaya waktu masih kecil…”

Gua bilang… Halo para ibu, calon ibu dan mantan ibu (kalo ada)… tolong berilah anak-anakmu kebebasan yang tanpa syarat.. beri mereka kesempatan untuk mengembangkan dirinya semaksimal mungkin. Jangan dikte mereka sampai mereka dewasa. Karena mereka sebetulnya sangat ingin menjadi dirinya sendiri.

Mereka memang harus disayang, mereka memang harus dimanja, mereka memang harus diperhatikan… tapi caranya dengan cara yang lebih dewasa. ) Supaya mereka bisa mengisi kehidupan mereka dengan kebahagiaan yang mereka inginkan… bukan dengan kebahagiaan yang anda inginkan. Maafkan aku para ibu ya… )

Mencintai itu seharusnya tanpa syarat… tanpa pamrih… tanpa menuntut !! ) Semoga para ibu bisa lebih menjiwai bathin anaknya… trims.

Leave a Reply

