Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kematian


Kalo raja kematian sudah memanggil… siapapun kgak bisa mengelak lagi. Siap tidak siap.. semua harus mengikuti kematian… pergi meninggalkan harta benda yang kita miliki, pergi meninggalkan orang-orang yang kita cintai, pergi meninggalkan semuanya.

Kalo raja kematian sudah memanggil… kita sudah tidak mungkin lagi memilih untuk meninggal dengan baik-baik.. tidak tabrakan, tidak kecebur di kali, tidak kepeleset di kamar mandi, tidak sakit jantung, tidak bunuh diri, tidak kena tsunami, tidak kena racun.

Kalo raja kematian sudah memanggil.. kita harus siap setiap saat. Kita harus bilang Ok setiap waktu. ) Dia tidak perduli, apakah kita masih muda atau sudah tua, miskin atau kaya, cacad atau normal, bule atau negro.. Pergi ya pergi.. jalan ya jalan…

Kalo raja kematian sudah menjemput… jangan lagi ada kata.. Aku belum siap. Belum siap mati artinya selagi hidup kita tidak mempersiapkan diri dengan baik. Supaya kita siap menghadapi kematian, dari sekarang kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perpisahan, menghadapi kehilangan, menghadapi kematian.

Belajar melepas dari sekarang… jangan melekat pada segala sesuatu yang ada di dunia.. entah itu uang, rumah, pakaian, makanan, saudara, teman, istri, anak, suami, orang tua, dll. Belajar dari sekarang untuk selalu hidup mawas diri, selalu tenang, konsentrasi, tidak menghayal, tidak berprasangka, tidak melamun.

Tenang saat menghadapi kematian… maka kita akan lahir di alam bahagia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: