Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kekerasan Dalam Rumah Tangga


Pernah liat papa mukul mama ? Pernah liat mama lempar-lempar piring ? Pernah liat, baju digunting-gunting oleh papa? Pernah liat mama menjerit-jerit tidak terkendali ? Pernah dengar papa membentak-bentak dengan suara kasar ? Pernah … ??? Pernah ..?? Pernah….???

Sebagai anak yang sudah belajar dharma… kita risih melihat ortu yang sering berantem padahal rambut sudah beruban. Sedih pasti… apalagi saat melihat orang tua akhirnya memutuskan untuk bercerai, padahal kita sudah umur 24 tahun. Kita pasti mikir, apa-apaan seh mereka sebetulnya ???

Tak ada seorangpun yang bisa mengubah diri seseorang, selain dirinya sendiri. Tapi… dengan berprinsip: Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, jangan membalas kebencian dengan kebencian, balaslah kekerasan dengan kelembutan, dan balaslah kebencian dengan cinta kasih… ini akan menjadi kekuatan super dahsyat yang bisa mengubah bathin orang-orang di sekitar kita.

Yang dibutuhkan sekarang adalah… anda perbanyak perbuatan baik, jangan lagi berbuat jahat, sucikan hati dan pikiran. Dan jangan lupa !! Karma itu… ada yang berbuah langsung, ada berbuah di kelahiran berikutnya, ada yang berbuah di beberapa kelahiran lagi. Demikian juga dengan akibat karma… ada yang bisa langsung lunas, ada yang lunasnya tunggu satu kelahiran lagi, ada yang lunasnya beberapa kelahiran lagi. Jadi… BIARKAN WAKTU YANG MEMUTUSKAN !! So… anda harus SABAR ! )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: