Catatan harian si pengembara dalam samsara

Keinginan Yang Kandas


Gua pernah punya keinginan… buka panti asuhan yang halamannya luaaaasss banget. Pohon-pohonnya rindang dan orang-orang yang duduk di tamannya merasa nyaman. Terus semua anak yang tinggal di panti itu… merasa tenang, nyaman, damai, bahagia.. Tidak ada lagi penderitaan di sana, tidak ada lagi perpisahan di sana… semuanya selalu berkumpul selama-lamanya.

Setelah gua kenal buddhadharma… ternyata itu cuma hayalan di siang hari buat gua. Ternyata… kgak ada yang bisa kumpul selama-lamanya, kgak ada yang bisa tenang selama-lamanya, kgak ada yang bisa damai selama-lamanya.

Gua bisa bikin panti sekarang.. tapi kgak mungkin bisa membuat orang-orang kgak ninggalin gua. Akhirnya gua tau.. keinginan cuma jadi keinginan. Membuat orang-orang berbahagia, damai, tenang saat ada dekat dengan gua, itu yang gua harapkan.. kgak harus lewat panti asuhan. Yang penting.. bukan pantinya yg banyak pohon-pohon rindang… tapi guanya sendiri.. bathin gua sendiri.. yang memberi ketenangan seperti pohon-pohon besar itu.

Sekarang keinginan gua bukan bikin panti lagi. Gua ingin jadi jembatan… buat mereka yang mau menyebrang. Gua mau jadi pelita.. buat mereka yang berada dalam kegelapan. Gua mau jadi air, buat mereka yang kehausan. Gua mau jadi kompas, buat mereka yang tersesat. Gua mau jadi bahu sandaran, untuk mereka yang tidak punya sapa-sapa. Gua mau jadi sahabat, buat mereka yang kesepian, yang sendiri dan kgak ada yang perduli.

Yang gua butuhkan sekarang cuma beberapa hal.. gua harus belajar puas diri, dan menerima apa adanya. Hidup tidak banyak menuntut dan selalu berterima kasih atas apapun yang terjadi saat ini. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: