Catatan harian si pengembara dalam samsara

Kehilangan


Gua dari kecil udah seneng baca buku, terutama kamus. ) Ada gak seh orang yang punya hobi kaya gua.. baca kamus, kamus apa aja… baca dari halaman satu sampai halaman terakhir.. udah selesai baca.. masih dibaca lagi, dibaca lagi.. dibaca lagi. ) Apa cuma gua sendiri ??? (

Tapi buku fave gua bukan kamus.. hehehehe… gua seneng baca cersil Kho Ping Hoo.. sampai subuh kalo gua baca. Kadang ditaro di bawah buku PR gua, kadang ditaro di bawah bantal gua, pokoknya di tempat yang mama gua kgak bisa nemu. (Tapi kenyataannya selalu ketahuan mama gua, hehehehe !  )

Dalam satu seri cersil yang pernah gua baca… ada satu paragraf yang intinya selalu gua ingat. “Kalau orang yang kamu sayangi meninggal dan kamu menangis di pemakamannya… itu bukan karena kamu mencintai dia… tapi karena kamu mengasihani diri kamu sendiri.. karena kamu sekarang harus hidup sendirian, kgak ada orang di samping kamu yang biasa nemenin kamu, yang merhatiin kamu, yang perduli kamu.”

Gua renungin dan gua perhatiin orang-orang yang bilang: “Gua kehilangan orang yang gua cintai.”  Kesimpulan gua…kalimat dlm cersil itu kayanya bener. Semua yang bilang cinta terus kehilangan orang tersebut… kesedihannya akan berkurang pelan-pelan hilang pada saat dia ketemu lagi orang yang baru… )

Tapi itulah hidup.. dia akan kehilangan lagi, menemukan lagi… kehilangan lagi.. begitu seterusnya.

Gua bukan mau bilang kalo lu kgak boleh mencintai. Tapi lu harus pada buruan belajar, kalo mau memiliki berarti harus siap melepas. Tidak memiliki berarti tidak ada yang dilepas. Mau memiliki berarti siap kehilangan.

Kalo kgak siap.. buru-buru latihan kesiapan. Dengan menyadari.. tubuhku pun bukan tubuhku. Aku tidak bisa menyuruh dia untuk menjadi tua. Wajahku pun bukan wajahku karena aku tidak bisa menyuruh dia jangan keluar jerawat. Apalagi tubuh orang lain dan hati orang lain…

Jadi.. anda udah siap untuk kehilangan kan ?

Leave a Reply

