Catatan harian si pengembara dalam samsara

Jangan Kecewakan Dia


Dia ?? Sapa tuh dia ?? Ya terserah… mau mama, papa, teman, pacar, kakek, nenek, ibu guru, bapak guru, tetangga, sahabat, musuh, guru spiritual, adik, pembantu, karyawan, majikan, presiden, rakyat, pejabat, rakyat kecil, terserah lah. Terserah menurut versi masing-masing  )

Kalo dia nya adalah buat papa mama… hal-hal yang paling mengecewakan buat mereka adalah saat anak-anak yang telah dilahirkannya tidak pernah lagi pulang ke rumah, tidak lagi meneleponnya, tidak lagi menengoknya waktu mereka sakit, tidak lagi mengingat mereka.

Bukan makanan… bukan tiket pesawat.. bukan pakaian, bukan rumah mewah, bukan mobil termahal, bukan TV ukuran raksasa…bukan uang.. bukan harta duniawi yang orang tua butuhkan.. bukan pula makian, marahan, jeritan, teriakan yang ingin mereka dengarkan… tapi kehadiran anda.. kehadiran sebagai anak.. kehadiran itu yang selalu mereka harapkan..

Kehadiran anda yang membuat mereka hidup dan ingin hidup terus.. kehadiran anda sebagai anak.. seperti setetes air di padang gurun. Menyejukkan… menyegarkan.. dan membuat orang tua selalu bahagia.. selalu bergembira dan mereka akan berdoa… agar anaknya selalu selamat sepanjang hidupnya.

Kalo dianya adalah teman, sahabat, atau pacar… jangan kecewakan mereka dengan menertawakan mereka di depan orang-orang, jangan menegur kesalahan mereka di depan orang banyak.. jangan pula mencandai mereka di depan orang banyak dengan kata-kata yang merendahkan mereka. Mereka juga manusia… yang punya perasaan dan punya harga diri… berikan mereka satu kebebasan.. satu ruang dalam kehidupannya… untuk menjadi dirinya sendiri . Belajar menghargai mereka.. karena itu sama dengan menghargai diri kita sendiri.

Kalo dianya itu dalam bidang spiritual..  janganlah berbuat jahat, perbanyak perbuatan baik.. sucikan hati dan pikiran. Tidak membunuh makhluk hidup.. tidak mengambil barang-barang yang tidak diberikan, tidak berjinah, tidak berdusta, tidak berbohong, tidak mengucapkan kata-kata yang kasar dan tidak mabuk-mabukkan. Tidak lagi melakukan kesalahan sekecil apapun. Dan jangan mengabaikan perbuatan baik sekecil apapun juga.

Kalo dianya itu majikan, karyawan, presiden, rakyat kecil atau masyarakat.. jadilah manusia yang baik.. yang tidak merugikan bangsa dan negara. Kita semua punya hak dan kewajiban masing-masing. Jalankan tugas kita dengan sebaik-baiknya… sehingga mereka tidak kecewa pada kita. Ntar dipecat lho.. sapa yang rugi kalo gitu ???

Yang pasti.. yang harus diubah adalah.. jangan lagi bikin bon-bon palsu… alias harga sebetulnya 2500.. terus anda sulap jadi 4500 atau jadi 3500. Ini namanya penipuan.. ingat lho.. rejeki yang tidak halal.. ntar habisnya juga cepat..

Oleh karena itu.. jangan kecewakan dia… terlebih lagi.. jangan kecewakan diri kita sendiri.. jangan kecewakan bathin kita sendiri.. jangan kecewakan kehidupan kita sendiri.. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: