Catatan harian si pengembara dalam samsara

Jalan Tol


Waspada dan selalu sadar dalam setiap ucapan, perbuatan dan pikiran. Tidak lagi menyakiti makhluk lain, sekecil apapun baik melalui ucapan, perbuatan maupun pikiran. Terus mengembangkan kebajikan sekecil apapun melalui ucapan, pikiran dan perbuatan.

Ada beberapa kendaraan yang melaju dengan kecepatan biasa, tapi mereka tetap berada di jalur cepat, tidak mau melaju di jalur tengah. Ini menyebabkan kendaraan-kendaraan yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi.. terpaksa harus membuat jalan zig zag untuk menghindari tabrakan dan benturan. Ada sebagian sopir yang memberi tanda dengan lampu sorot supaya kendaraan yang “TIDAK TAHU DIRI” tersebut menyingkir ke tengah. Tapi mereka tetap saja tidak perduli dan bertahan melaju di jalurnya.

Hahahaha…. aku tertawa terbahak-bahak sendiri. Pertama karena aku menertawakan pengemudi-pengemudi yang TAK TAHU DIRI tersebut… tapi tak lama aku sadar… sapa yang TAK TAHU DIRI.. mereka atau aku???

Aku diam.. dan terpikir. Demikian pula dengan kehidupan kita sebagai manusia. Seharusnya kita hidup dalam jalur masing-masing.. bila kita memutuskan untuk pindah jalur, kita seharusnya mengikuti aturan main di jalur yang baru tersebut. Ini akan menyebabkan, tidak terjadi bentrokan, makian dan kebencian dari orang-orang yang lain.

Tapi kenyataannya, sering kali kita main di jalur lain, tapi tetap membawa gaya kita, tidak mau mengubah kebiasaan lama.. dan tetap ngotot di kebiasaan lama walaupun telah disadarkan oleh banyak orang, diperingati dengan halus bahkan  dengan keras (seperti pengemudi yang diklakson tapi tetap saja dableg… hehehehe!!).

Inilah kebijaksaan… dalam dharma, dalam kehidupan. Semoga aku memiliki kebijaksanaan yang tiada batasnya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: